Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi, Gagal Menanjak Truk Tercebur di Pelabuhan

Kompas.com - 07/04/2022, 04:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan rekaman truk yang gagal naik ke kapal feri hingga tercebur ke laut. Kejadian ini berlokasi di Pelabuhan Kuala Bubon, Meulaboh, Aceh Barat, Rabu (6/4/2022).

Video terceburnya truk diunggah oleh akun Instagram Romansa Sopir Truk.

“Sebuah truk bermuatan sembako terjun ke laut ketika sedang menaiki kapal KMP Teluk Sinabang tujuan Pulau Simeulue di Pelabuhan Kuala Bubon, Meulaboh, Aceh Barat. Pada Rabu siang, 06/04/22,” tulis unggahan tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, truk yang gagal naik atau masuk ke kapal memang kerap terjadi di pelabuhan. Ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari kejadian ini.

Baca juga: Kejadian Lagi, Truk Mundur Tanpa Terkendali

Pertama sebelum melakukan akselerasi, melihat arah dan arah mana di belakang truk yang harus dituju apabila terjadi gagal menanjak.

“Kemudian minta bantuan kernet atau co-driver untuk memastikan keamanannya,” ujar Sony beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Kedua, lakukan dengan yakin ketika harus melewati ram yang dinamis atau bergerak. Kondisi ram yang dinamis bisa mengganggu konsentrasi pengemudi sehingga ada kemungkinan gagal nanjak.

“Saat menanjak dengan membawa muatan, butuh momentum dari bawah untuk sampai ke atas kapal. Pastikan mulai dengan ancang-ancang dan tidak memindahkan gigi, baik menurunkan atau menaikkannya,” kata dia.

Baca juga: Cara Aman Mobil Melewati Perlintasan Kereta

Sony melanjutkan, setir yang diputar-putar juga tidak ampuh untuk menambah traksi ban, yang ada truk kehilangan keseimbangan.

Saat terjadi gagal menanjak, kemungkinan besar mesin akan mati dan rem tidak berfungsi. Dengan kondisi tersebut, pengemudi tidak dapat berpikir jernih untuk melakukan SOP dengan benar.

“Melihat kondisi truk yang mundur tidak terkendali ada dua kemungkinan. Pertama kemungkinan giginya tak mampu menahan beban truk. Kedua bisa jadi pengemudi mau mencoba menghidupkan mesin lagi sehingga menginjak kopling,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com