Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ungkap Penyebab Jakarta Lebih Macet Saat Bulan Puasa

Kompas.com - 07/04/2022, 03:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan DKI Jakarta belakangan terasa lebih macet ketimbang hari-hari biasanya. Polisi pun mengungkap salah satu penyebab kemacetan di Ibu Kota selama bulan suci Ramadan.

Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, salah satu penyebabnya adalah tidak sedikit pekerja yang mau buka puasa di kediamannya masing-masing. Alhasil, mereka dulu-duluan pulang. Hal ini kata dia terjadi pada awal bulan puasa

“Pergerakan itu terjadi bersamaan. Dulu sebelum bulan puasa ada orang yang pulang kerjanya jam 4, ada yang pulang jam 5, 6, 7, semua terbagi,” ujar Sambodo, dikutip dari NTMC Polri (6/4/2022).

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Pakai Aplikasi Signal Tak Perlu Stiker Pengesahan

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Sekarang pada saat bulan Ramadhan terutama pada minggu pertama awal puasa semua orang ingin buka puasa di rumah. Jadi pergerakannya serentak,” kata dia.

Meski begitu, setelah jam buka puasa, arus lalu lintas disebut melandai dan diklaim sudah kembali normal.

Penyebab kedua, kata dia, karena sebagian besar perkantoran sudah menerapkan kebijakan work from office atau WFO. Hal tersebut menyusul menurunnya angka kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Baca juga: Kredit Honda Vario 160 di IIMS 2022, Cicilan Mulai Rp 900.000

“Nah pasca buka puasa setengah 7 atau jam 7, jam 8 itu arus lalin udah landai kembali, karena memang titiknya di situ,” ucap Sambodo.

“Ketiga, ada beberapa sekolah yang saat ini sudah melaksanakan ujian. Jadi anak-anaknya masuk. Ujiannya secara offline dan kegiatan sebagainya. Jadi memang ini menambah jumlah volume lalin,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com