Toyota Siap Rilis GR Corolla 1 April, Basis Mesin dari GR Yaris

Kompas.com - 30/03/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota akan kembali menambah keluarga Gazoo Racing (GR) dalam waktu dekat. Pada 1 April 2022, GR Corolla dikabarkan siap meluncur.

Tampilan GR Corolla diyakini akan semakin agresif ubahannya dibandingkan dengan model sebelumnya. Melalui teaser video, Toyota menggoda konsumennya dengan menampilkan sepatbor depan dengan kisi-kisi hitam dan emblem GR.

Tampilannya makin terlihat sporty dengan warna merah pada kaliper remnya yang juga terdapat logo GR. Lalu, pada side skirt juga diberikan detail tulisan 'GR-FOUR'.

Baca juga: Toyota Hadirkan GR Supra GT4 50 Edition, Hanya Enam Unit di Dunia

Dikutip dari Carscoops.com, Rabu (30/3/2022), GR Corolla akan dibekali sistem penggerak semua dengan kendali secara elektronik. Sistem ini juga ditemukan di GR Yaris yang juga menawarkan tiga mode berkendara, yakni Normal, Sport, dan Track.

Teaser Toyota GR CorollaDok. Toyota Teaser Toyota GR Corolla

Untuk mode Normal, rasio penyaluran tenaganya adalah 60:40. Sementara untuk mode Sport, 70 persen tenaga dikirimkan ke roda belakang untuk memperkuat karakteristik penggerak Rear-Wheel Drive (RWD).

Untuk mode Track, penyaluran tenaganya dibuat merata alias 50:50. Mode ini diklaim cocok untuk melaju dalam kecepatan tinggi di berbagai kondisi jalan, terutama lintasan tanah.

Baca juga: Toyota Kembangkan GR Yaris dengan Girboks Baru

Selain sistem penggerak, GR Corolla juga dikabarkan akan mengadopsi mesin dari GR Yaris, yakni mesin 3-siinder 1.6 L turbocharged.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 257 tk dan torsi hingga 360 Nm. Sehingga, kemampuan akselerasinya juga luar biasa. Tercatat untuk 0-100 km/jam dapat diraih dalam 5,5 detik. Sementara top speed, bisa tembus 230 km/jam.

Untuk tujuan pemasaran pertama, Toyota akan menyasar pasar Amerika Serikat terlebih dahulu. Namun, tidak menutup kemungkinan PT Toyota Astra Motor (TAM) juga akan meluncurkannya di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.