Masih Terjadi, Ambulans Bawa Pasien Dihalangi Mobil Pribadi

Kompas.com - 30/03/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa ambulans yang sedang membawa pasien dihalangi kendaraan pribadi di Jalan Tol Cawang, Jakarta Timur kembali terjadi lagi, Selasa (29/3/2022).

Pada suatu video yang dibagikan di media sosial, disebutkan bila mobil terkait sedang terburu-buru karena pasien hendak menjalani operasi ke Rumah Sakit (RS) Dharmais, Jakarta Barat.

Selama perjalanan, sopir ambulans mengaku sudah menyalakan sirine tanda sedang membawa pasien. Namun, laju ambulans tersebut dihalangi mobil bernomor polisi B2475TKO.

Baca juga: Atur Posisi Kaca Spion Mobil Agar Terhindar dari Blind Spot

Ilustrasi ambulans.dok.Astra Ilustrasi ambulans.

Akibatnya, kendaraan yang mendapatkan prioritas di jalan itu menepi untuk memberi tahu mobil pribadi tadi. Tapi hasilnya malah cekcok karena pengemudi tidak ingin mengalah.

"Ini lajur lambat," kata seorang pria yang diduga pengemudi mobil itu.

"Ini ambulans, Pak," kata sopir ambulans, menjawab.

Padahal berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), ambulans yang sedang bertugas mendapatkan prioritas di jalan.

Bahkan berdasarkan tingkatannya, kendaraan presiden pun harus mengalah untuk memberikan jalan.

Baca juga: Cara Aman Lihat Maps di Ponsel Sambil Mengemudi Mobil

Atas kejadian itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Timur AKBP Edy Surasa tidak berkomentar banyak soal video tersebut.

"Belum ada laporan. Berkenan langsung saja koordinasi dengan Sat PJR (Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya) karena kejadian di dalam tol," ujar Edy disitat Megapolitan.Kompas.com.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.