Toyota Kembangkan GR Yaris dengan Girboks Baru

Kompas.com - 22/03/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GT Yaris terus jadi perbincangan di seluruh dunia. Hot hatch yang satu ini kabarnya akan dijejali dengan girboks yang baru.

Sekarang ini, GR Yaris dibekali dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Sebab, tujuannya mobil ini dilahirkan memang ingin mengejar performa.

Baca juga: Geber Toyota GR Yaris di Sirkuit, Torsi dan Tenaganya Sangat Buas

Transmisi manual 6-percepatan tersebut dipadukan dengan mesin G16E-GTS 3-silinder DOHC turbocharger berkapasitas 1.6 liter. Tenaga yang dihasilkan mesin itu lalu disalurkan ke seluruh roda.

Toyota kembangkan GR Yaris dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatanDok. Motor1.com Toyota kembangkan GR Yaris dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan

Namun, belum lama ini Toyota diketahui sedang mengembangkan girboks dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan. Mobil ini pertama kali muncul pada Toyota Gazoo Rally Racing Challenge di Jepang.

Dikutip dari Motor1.com, Selasa (22/3/2022), GR Yaris tersebut sudah hadir dalam bentuk prototype. Penampakannya dapat dilihat pada video yang diunggah oleh Car Watch, GR Yaris tersebut menggunakan nomor 109.

Baca juga: Sensasi Mengemudi GR Yaris di Jalanan Ibu Kota

Terlihat perbedaannya ada pada bagian depan. Intake dibuat lebih besar dan disematkan juga pendingin oli untuk transmisi. Sehingga, memungkinkan adanya aliran udara tambahan ke pendingin oli girboks otomatis.

Gearbox otomatis GR Yaris adalah konverter torsi konvensional otomatis. Tentu saja, mobil ini juga memiliki mode manual, yang dapat diaktifkan melalui paddle shift di belakang kemudi.

Toyota mengatakan bahwa ubahan itu ditujukan tidak hanya untuk efisiensi bahan bakar. Tapi, juga untuk feeling berkendara yang sporty dengan perpindahan gigi yang cepat.

Namun, Toyota menyebutkan bahwa GR Yaris dengan 8-percepatan tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.