Berusia Pendek, Ini Rapor Jualan Mitsubishi Eclipse Cross

Kompas.com - 06/03/2022, 12:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Eclipse Cross resmi pamit dari pasar dalam negeri setelah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghentikan aktivitas impor dan penjualannya pada bulan ini, Maret 2022.

President Director PT MMKSI Naoya Nakamura menjelaskan, hal tersebut dikarenakan beberapa kondisi dan pertimbangan, seperti kelangkaan cip semikonduktor yang kerap mengganggu rantai produksi global.

Selain itu, masalah penjualan pun disinyalir menjadi salah satu faktornya. Sebab sejak pertama kali diperkenalkan melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, produk terkait kurang apik.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Suntik Mati Eclipse Cross

Suasana pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (25/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (25/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Eclipse Cross secara wholesales pada 2019 mampu sebanyak 514 unit, melebihi ekspektasi awal perseroan.

Tapi satu tahun setelahnya, penjualan sport utility vehicle (SUV) 5-seater tersebut menurun hampir setengahnya yakni sebesar 243 unit. Dari titik ini, kepercayaan diri produk terkait tampak memudar.

Apalagi pada periode itu, dampak pandemi Covid-19 yang hadir pertama kali di Indonesia pada Maret 2020 mulai terasa. Kegiatan produksi, impor, serta penjualan sempat terhenti sementara guna mencegah penyebarannya.

Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di IndonesiaKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di Indonesia

Berlanjut pada 2021, pamor Eclipse Cross kembali menurun yakni hanya mampu terjual sebanyak 172 unit. Sementara pada dua bulan pertama di 2022, mobil dilaporkan nihil pasokkan.

"Terhitung Maret 2022, kami menghentikan aktivitas impor dan penjualan model Eclipse Cross untuk pasar Indonesia," kata Naoya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/3/2022).

Meski begitu, bagi para pemilik Mitsubishi Eclipse Cross jangan khawatir. Sebab layanan purna jual jual dan klaim garansi dari dealer resmi masih dijamin, tak terkecuali terkait ketersediaan suku cadangnya.

Baca juga: Hilang dari Situs Resmi, Mitsubishi Setop Produksi Outlander Sport

Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di IndonesiaKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di Indonesia

"Semua manfaat dukungan layanan, termasuk layanan purna jual yang telah didapatkan oleh konsumen ketika membeli model Eclipse Cross termasuk garansi kendaraan tetap berlaku sesuai dengan buku panduan manual kendaraan," kata Naoya.

Maka, MMKSI sudah dua kali melakukan suntik mati produk kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun ini. Sebelumnya, hal serupa dilakukan ke Outlander Sport yang secara diam-diam dihapus dari daftar menu produk di situs resmi.

"Sudah habis unitnya dan kami memang sudah tidak produksi lagi," tulis Deputy Group Head Planning & Communication PT MMKSI Intan Vidiasari dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.