Kompas.com - 06/03/2022, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembenahan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sudah masuk tahap pengaspalan ulang. Perbaikan ini direncanakan selesai pada 10 Maret 2022.

Totalnya akan ada sekitar 1,6 kilometer lintasan Sirkuit Mandalika yang diaspal ulang. Pengerjaan ini sudah dimulai pada Sabtu (5/3/2022) 14.00 WITA, dimulai dari tikungan 16,5 atau antara tikungan 16 menujut tikungan 7.

Baca juga: MGPA Jelaskan Faktor-faktor Penyebab Rusaknya Aspal Sirkuit Mandalika

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan, pengaspalan dimulai setelah proses pengelupasan lintasan sedalam 4 centimeter selesai dilakukan. Lintasan sirkuit akan dilapisi aspal yang menggunakan teknologi Stone Matic Asphalt (SMA).

Pembenahan Sirkuit Mandalika untuk pengaspalan ulangDok. MGPA Pembenahan Sirkuit Mandalika untuk pengaspalan ulang

“Sebelumnya sudah dilakukan simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kami menargetkan pengaspalan selesai 10 Maret dan berupaya bisa merampungkan dengan sempurna,” kata Priandhi, dalam keterangan resminya.

Untuk pengaspalan ini, MGPA terus berkoordinasi dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Konsultan dan PT Pembangunan Perumahan. Semua pekerjaan dilaksanakan secara terstruktur dan terukur dan perkembangannya juga disampaikan ke pihak Dorna dan FIM.

Baca juga: Apa Saja Fasilitas Lima Jenis Tiket MotoGP Indonesia di Mandalika

Track And Race Control Supervisor MGPA Awallutfi Andhika, mengatakan, untuk pengaspalan ulang ini, dibagi dalam lima segmen.

Pembenahan Sirkuit Mandalika untuk pengaspalan ulangDok. MGPA Pembenahan Sirkuit Mandalika untuk pengaspalan ulang

"Masing-masing segmen bervariasi jaraknya karena ada trek lurus dan tikungan yang berbeda. Targetnya selesai tanggal 10 Maret,” kata Awallutfi.

Setelah pengaspalan ulang selesai, lintasan akan dibersihkan dengan track jet dan sweeper. Grip test juga akan dilakukan secara makro untuk tekstur dan kepadatan aspalnya yang melibatkan RMI, R3, dan desainer sirkuit MRK1.

Pembenahan Sirkuit Mandalika untuk pengaspalan ulangDok. MGPA Pembenahan Sirkuit Mandalika untuk pengaspalan ulang

Selain pengaspalan ulang lintasan, MGPA juga membenahi fasilitas lain, seperti pengerjaan tribun penonton di area Hospitality Suite VIP Village, grandstand dan Royal Box. Semua ditargetkan selesai sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.