Ini Riding Gear yang Wajib Dibawa Pengendara Motor

Kompas.com - 05/03/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan mengendarai sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menjaga keselamatan dan keamanan berkendara.

Secara umum, benda wajib pengendara motor adalah helm yang kuat dan nyaman dipakai berkendara. Helm juga harus menyesuaikan dengan ukuran kepala pengendara, tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar.

"Tidak disarankan memilih helm yang agak longgar, untuk semua pengendara. Pastikan memakai helm sesuai ukuran untuk keselamatan pengendara," ucap Irwansyah, Brand Technical DeRide Store pada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Pelatihan Safety Riding Belum Dianggap Penting di Indonesia

Namun, helm bukan satu-satunya benda penunjang keselamatan berkendara bagi pengendara motor.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan bahwa ada beberapa riding gear yang penggunaannya tidak wajib, namun disarankan karena dapat melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan.

"Selain helm, ada riding gear lainnya seperti sarung tangan, jaket, celana panjang dan sepatu. Namun, penggunaan riding gear lainnya selain helm tidak diatur dalam UU LLAJ, jadi boleh digunakan atau tidak digunakan," ucap Agus pada Kompas.com belum lama ini.

Agus menjelaskan, penggunaan riding gear harus dipilih berdasarkan faktor keselamatan dan juga kenyamanan.

Sepatu boots Renav x Johan MalikAldo C.S. Sepatu boots Renav x Johan Malik

Salah satu hal yang kerap diabaikan pengguna motor ialah penggunaan alas kaki saat berkendara. Menggunakan sandal terbuka saat berkendara sebenarnya tidak disarankan, karena meningkatkan risiko luka saat terjadi kecelakaan.

"Jika menggunakan sepatu juga harus disesuaikan dengan fungsinya. Misal, ketika berkendara maka sepatu yang disarankan adalah sepatu riding atau ada bagian haknya sedikit agar tidak licin di foot step motor. Atau, bisa juga menggunakan sepatu kets jika menggunakan motor matik," kata Agus.

Baca juga: MGPA Jelaskan Faktor-faktor Penyebab Rusaknya Aspal Sirkuit Mandalika

Menurut Agus, alas kaki pengendara motor harus bisa melindungi bagian mata kaki.

"Yang paling penting adalah, dalam menggunakan sepatu, bagian mata kaki harus terlindungi agar aman saat terjadi kecelakaan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.