Kunci Vespa Matik Tidak Bisa Diduplikat, Ini Alasannya

Kompas.com - 05/03/2022, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor Vespa matik memiliki dua kunci yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin. Jenisnya dibedakan menjadi dua warna, yaitu coklat dan biru.

Kunci coklat Vespa matik merupakan utama, yang dipakai untuk pembuatan kunci duplikat. Sedangkan kunci biru merupakan kunci duplikat, yang dianjurkan untuk pemakaian sehari-hari.

Saat kunci utama atau kunci coklat Vespa hilang, pemilik Vespa tidak akan bisa membuat duplikatnya. Tim Humas PT Piaggio Indonesia menjelaskan, hal ini disebabkan oleh adanya chip pada kunci duplikat Vespa.

Baca juga: Ini Bedanya Kunci Vespa Matik Warna Biru dan Coklat

"Tanpa ada chip ini, maka mesin tidak bisa dihidupkan. Karena, ECU akan mengunci semua akses untuk mesin dapat hidup," ucap Tim Humas PT Piaggio Indonesia pada Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

ECU pada mesin motor Vespa matik tersebut hanya bisa merespon chip yang ada di kunci-kunci tersebut. Sehingga, proses duplikat yang dilakukan normal tidak dapat turut menduplikat transponder yang berfungsi menyalakan mesin motor.

"Untuk keamanan, kunci coklat sudah dikunci oleh sistem, sehingga kunci coklat tidak bisa diduplikatkan, hanya satu," katanya.

Vespa Elettrica REDFoto: Vespa Vespa Elettrica RED

Saat kunci utama ini hilang, duplikat tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pemilik harus datang ke diler resmi untuk membuat kunci duplikat.

Pembuatan kunci duplikat juga disertai dengan penggantian mesin ECU. Sebab, mesin ECU pada Vespa hanya dapat merespon pada kunci awal yang disertai transponder sesuai dengan ECU-nya.

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Walaupun rumit, teknologi ini membuat Vespa menjadi lebih aman. Karena, mesinnya tidak bisa dihidupkan dengan sembarang kunci.

"Dengan adanya teknologi kunci ini yang kita kenal dengan istilah immobilizer, mesin tidak akan bisa hidup tanpa hadirnya chip pada kunci kontak, kunci biru atau coklat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.