Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Matik Punya 2 Kunci, Apakah Bikin Aman dari Pencurian?

Kompas.com - 05/03/2022, 11:01 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa matik atau modern memiliki dua kunci yang berbeda. Utamanya berwarna biru sedangkan serep berkelir coklat.

Kunci kedua ini berfungsi sebagai duplikat dan bisa digunakan oleh pengemudi. Namun, kunci coklat ini tidak bisa dijadikan duplikat, saat kunci utamanya rusak.

Teknologi dua kunci ini dikatakan dapat membuat motor menjadi lebih aman dari tindakan pencurian. Sebab, setiap kunci tersebut juga dilengkapi dengan chip yang bisa menyalakan mesin motor.

Baca juga: Nonton Iklan Jadul Zidane, Beckham, Del Piero Naik Vespa

"Tentu saja kunci dengan sistem ini lebih aman. Dengan adanya teknologi kunci ini, yang kita kenal dengan istilah immobilizer, mesin tidak akan bisa hidup tanpa hadirnya chip pada kunci kontak, biru atau coklat," ucap Tim Humas PT Piaggio Indonesia pada Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Maka, jika kunci Vespa yang dilengkapi chip tidak ada, mesin motor tidak akan menyala.

"Tanpa ada chip ini, maka mesin tidak bisa dihidupkan. Karena, ECU akan mengunci semua akses untuk mesin dapat hidup," kata Tim Humas PT Piaggio Indonesia.

Karena adanya chip pada kunci Vespa, kedua kunci ini tidak bisa sembarangan diduplikat. Dua kunci ini dibedakan berdasarkan warnanya, yaitu kunci biru atau kunci duplikat dan kunci coklat atau kunci utama.

Vespa 946 Christian DiorFoto: Vespa Vespa 946 Christian Dior

Jika kunci utama hilang, penggantian kunci bisa dilakukan di diler resmi dan juga disertai dengan penggantian ECU. Karena, ECU awal hanya akan dapat merespon chip pada kunci yang hilang.

"Sesuai dengan fungsinya, maka tanpa kunci coklat ini, pembuatan kunci duplikat atau kunci biru tidak bisa dilakukan," kata Tim Humas.

Baca juga: MGPA Jelaskan Faktor-faktor Penyebab Rusaknya Aspal Sirkuit Mandalika

Teknologi inilah yang membedakan kunci Vespa dengan kunci motor lain pada umumnya. Sehingga, Vespa tidak mudah untuk dicuri, karena mesin motor tidak bisa hidup tanpa chip yang ada pada kunci motornya. Mesin Vespa tidak bisa sembarangan dihidupkan dengan kunci selain yang memiliki chip tersebut.

"Kustomer yang kehilangan kunci baik kunci master atau kunci duplikat, sebaiknya langsung datang ke authorized dealer, untuk membuat kunci duplikat, atau mengganti ECU dan kunci master," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com