Waspada Macet, Ada 3 Titik Rekonstruksi Jalan di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 05/03/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang ingin keluar kota, khususnya melewati ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek harap berhati-hati.

Pasalnya, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD), kembali melakukan pemeliharaan jalan berupa pekerjaan rekonstruksi rigid pavement.

Total ada tiga titik pekerjaan rekonstruksi rigid pavement yang dilakukan sepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek, baik yang mengarah ke Jakarta atau Cikampek, yakni :

1. On Ramp Simpang Susun Karawang Barat 2 lajur 1 jalur arah Jakarta dengan panjang penanganan 38 meter yang akan dilaksanakan pada 4-6 Februari 2022 dari pukul 21.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Baca juga: Imbas PPnBM, Ada Pilihan SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

2. KM 24+185 sampai KM 24+730 bahu luar jalur arah Cikampek dengan panjang 330 meter yang akan dilaksanakan pada 5-9 Februari 2022 dari pukul 22.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Pekerjaan Jalan di Tol Jakarta-CikampekJASA MARGA Pekerjaan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek

3. KM 32+919 sampai KM 32+816 lajur 1 jalur arah Jakarta dengan panjang 103 meter yang akan dilaksanakan pada 7-12 Februari dari pukul 10.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Meski pekerjaan berlangsung, namun General Manager Representative Office 1 JTTRD Muhammad Taufik Akbar menjelaskan, selama proses rekonstruksi pihaknya menjamin seluruh ruas jalan masih berfungsi normal.

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini, Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan arah Cikampek masih beroperasi secara normal," kata Taufik, Sabtu (5/3/2022).

Jasa Marga juga menyiapkan mitigasi risiko terkait adanya pekerjaan tersebut, mulai dari pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, persiapan contraflow, juga gardu reversible apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat.

Baca juga: Sistem Tol Nirsentuh Berlaku Akhir 2022, Gerbang Tol Akan Dihilangkan

Pekerjaan Jalan di Tol Jakarta-CikampekJASA MARGA Pekerjaan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek

Koordinasi dengan kepolisian juga sudah dilakukan dalam upaya penanganan bila memang volume kendaraan meningkat sehingga menimbulkan kepadatan, khususnya di sekitar lokasi pekerjaan.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidak nyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud," kata Taufik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.