Kompas.com - 02/03/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil balap, ada tiang-tiang besi menyerupai rangka yang ada di bagian dalam kabin mobil.

Rangka ini berfungsi untuk mengurangi resiko deformasi dan cedera pada penumpang yang ada di dalam kabin mobil. Jumlah titik pasangnya juga bervariasi.

"Dalam mobil balap, ada tabung besi-besi yang melintang. Nah, besi yang melintang itu yang melindungi kita," kata Rifat saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Mobil Ringsek tapi Bambang Soesatyo Selamat Tanpa Luka, Ini Pengamanan Mobil Rally

Besi-besi roll bar pada mobil balap berkembang seiring berjalannya waktu. Rifat menjelaskan, pada awalnya desain roll bar hanya sedikit. 

"Roll bar-nya cuma perlu dua titik. Dulu, itu bentuknya kayak jeep, kalau jeep kan cuma atas doang, ke belakang. Tumbuh jadi empat titik, enam titik, delapan titik," jelasnya.

Penambahan roll bar, ciri khas mobil reli,KompasOtomotif-Donny Apriliananda Penambahan roll bar, ciri khas mobil reli,

Kerangka di dalam mobil balap ini dapat mengurangi berbagai resiko kecelakaan yang mungkin terjadi saat balapan.

Dikutip dari peraturan teknik keselamatan olahraga mobil oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), roll bar merupakan rangka pipa yang dibentuk dan mempunyai dua buah kaki (mounting foot).

Baca juga: Penyebab Utama Jalur Puncak Bogor Macet Total Akhir Pekan Lalu

Main rollbar merupakan struktur rangka seperti tiang gawang, berada persis di belakang jok depan dan terbentang selebar-lebarnya di dalam kabin mobil. Front rollbar sama seperti main rollbar, namun bentuknya mengikuti pilar A dan sisi sebelah atas kaca depan.

Lateral rollbar berada di salah satu sisi mobil, kiri ataupun kanan dan letak kaki belakangnya harus berada di belakang jok depan, sedangkan kaki depannya berada serapat mungkin dengan pilar A. Kemudian, lateral half rollbar serupa dengan lateral rollbar, hanya saja tanpa kaki belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.