Jadwal SIM Keliling Semarang dan Solo Maret 2022

Kompas.com - 02/03/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling tidak hanya berfokus pada wilayah Jabodetabek saja, tetapi juga berbagai kawasan lain seperti di Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Meski secara aturan dan persyaratan sama, tapi ada sedikit perbedaan khususnya pada jam operasional, yaitu pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Adapun payung hukum kepemilikan SIM sendiri, termaktub dalam Pasal 281 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: ETLE Segera Berlaku di Jalan Tol, Tindak Over Speed dan ODOL

Mobil layanan SIM keliling di Serang, BantenRedaksi 86 Mobil layanan SIM keliling di Serang, Banten

Disebutkan bila seseorang pengendara kendaraan di jalan harus memiliki SIM. Bila abai, diancam dengan denda sebesar Rp 1 juta (satu juta rupiah) atau hukuman kurungan alias pidana selama empat bulan.

Sementara biaya perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling, sebesar Rp 80.000 untuk SIM A dan Rp 75.000 bagi pemilik SIM C. Namun biaya itu tidak termasuk tes kesehatan, tes psikologis, dan SWDKLLAJ.

Lebih jauh, terdapat beberapa titik SIM keliling yang tersebar di wilayah Solo dan Semarang tiap Senin-Sabtu, bergantian ke titik lain.

Baca juga: Pemkot Jakbar Akan Periksa 40 Bengkel Resmi Uji Emisi

Ilustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.id Ilustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

Sementara jam operasionalnya, pukul 09.00-11.30 WIB di Solo dan pukul 17.00-20.00 WIB di Semarang. Berikut sebarannya;

Solo: Gor Manahan Solo, Depan Solo Square, halapan SPMB Universitas Negeri Surakarta (UNS), Depan Solo Grandmall, dan Depan Balaikota Solo

Waktu operasional tiap pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB.

Semarang: Pasar Karangjati Bergas, Pasar Tengaran, Pasar Lanang, Stasiun Ambarawa, Kantor Kecamatan Sumowono, Pasar Suruh, Kantor Kecamatan Pringapus.

Waktu operasional tiap pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.