Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fungsi Roll Bar pada Mobil Balap

Rangka ini berfungsi untuk mengurangi resiko deformasi dan cedera pada penumpang yang ada di dalam kabin mobil. Jumlah titik pasangnya juga bervariasi.

"Dalam mobil balap, ada tabung besi-besi yang melintang. Nah, besi yang melintang itu yang melindungi kita," kata Rifat saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Besi-besi roll bar pada mobil balap berkembang seiring berjalannya waktu. Rifat menjelaskan, pada awalnya desain roll bar hanya sedikit. 

"Roll bar-nya cuma perlu dua titik. Dulu, itu bentuknya kayak jeep, kalau jeep kan cuma atas doang, ke belakang. Tumbuh jadi empat titik, enam titik, delapan titik," jelasnya.

Kerangka di dalam mobil balap ini dapat mengurangi berbagai resiko kecelakaan yang mungkin terjadi saat balapan.

Dikutip dari peraturan teknik keselamatan olahraga mobil oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), roll bar merupakan rangka pipa yang dibentuk dan mempunyai dua buah kaki (mounting foot).

Main rollbar merupakan struktur rangka seperti tiang gawang, berada persis di belakang jok depan dan terbentang selebar-lebarnya di dalam kabin mobil. Front rollbar sama seperti main rollbar, namun bentuknya mengikuti pilar A dan sisi sebelah atas kaca depan.

Lateral rollbar berada di salah satu sisi mobil, kiri ataupun kanan dan letak kaki belakangnya harus berada di belakang jok depan, sedangkan kaki depannya berada serapat mungkin dengan pilar A. Kemudian, lateral half rollbar serupa dengan lateral rollbar, hanya saja tanpa kaki belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/02/124200615/mengenal-fungsi-roll-bar-pada-mobil-balap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke