RX-King Wheelie Kemudian Jatuh di Tanjakan karena Gagal Menanjak

Kompas.com - 16/02/2022, 07:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang tayang di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor terjatuh usai motornya wheelie atau ban depannya terangkat kala ngebut di tanjakan.

Diunggah akun Instagram Hujat Otomotif, terlihat pengendara motor Yamaha RX-King tidak kesulitan menaklukkan tanjakan. Namun, kemudian setelah belokan ban depan terangkat, oleng, dan jatuh.

Baca juga: Cara Benar Derek Mobil Transmisi Matik yang Mogok

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by hujat_otomotif (@hujat_otomotif)

 

Dalam video, pengendara tersebut tidak mengalami luka serius. Usai jatuh, dia bisa kembali bangkit dan naik ke atas motor, kemudian melanjutkan perjalanan.

Menaklukkan tanjakan pakai motor butuh teknik tersendiri. Head Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada dasarnya semua motor butuh ancang-ancang menghadapi tanjakan.

Agus mengatakan, ketika mulai menaiki tanjakan usahakan menjaga kecepatan agar kuat menaiki tanjakan. Jangan buka gas penuh saat masih di bawah sehingga kehabisan tenaga.

Baca juga: Selain untuk Keamanan, Ini Fungsi Lain Kaca Film pada Mobil

Kecelakaan maut di Tanjakan Sanur di Jalan Raya Bandung-Cirebon, Tanjungsari, Sumedang, Jabar, Minggu (7/11/2021) pukul 09.00 WIB.KOMPAS.COM/AAM AMINULLAH Kecelakaan maut di Tanjakan Sanur di Jalan Raya Bandung-Cirebon, Tanjungsari, Sumedang, Jabar, Minggu (7/11/2021) pukul 09.00 WIB.

"Pada saat di tanjakan jangan langsung buka gas secara penuh, pastikan untuk membuka gas secara perlahan agar torsi mesin dapat maksimal," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus menyarankan, jika jalanan sedang lengang, bisa pakai trik dengan melakukan zig-zag. Dengan berjalan zig-zag, jalan menjadi lebih landai karena jalurnya tidak tegak vertikal, tapi berjalan miring.

"Jika berjalan secara zig-zag masih belum bisa dan mesin kendaraan sudah tidak kuat lagi, kurangi beban kendaraan. Entah mengurangi beban bawaan atau penumpang yang turun," ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.