Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

Kompas.com - 16/02/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan tes resmi pada 11-13 Februari 2022. Ke depan, sirkuit jalan raya itu akan jadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Selama tiga hari tes tersebut, banyak masukan dari pebalap dan pihak terkait soal sirkuit, mulai dari sisi keamanan hingga permukaan lintasan yang merupakan bagian paling krusial buat balapan.

Selama pengujian, ditemukan dua area yang butuh ditingkatkan, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang memengaruhi sirkuit.

Baca juga: Selain untuk Keamanan, Ini Fungsi Lain Kaca Film pada Mobil

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang mengawasi homologasi trek juga telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Hasilnya, sebagian Sirkuit Mandalika akan dilapis ulang.

Bagian yang akan dilapis ulang ialah sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5. ITDC akan memastikan bahwa aspal yang dipakai memenuhi standar MotoGP.

Jika melihat denah sirkuit maka setidaknya pelapisan ulang itu akan menyentuh enam tikungan. Mulai sebelum tikungan akhir dan masuk jalur lurus atau straight hingga empat tikungan sesudahnya.

Baca juga: Geber Toyota GR Yaris di Sirkuit, Torsi dan Tenaganya Sangat Buas

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

"Pemilik sirkuit ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut," tulis pernyataan yang dikutip dari MotoGP.com, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Cara Benar Derek Mobil Transmisi Matik yang Mogok

"Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan," tulis MotoGP.

Berikut bunyi pernyataan lengkap soal pelapisan ulang Sirkuit Mandalika:

Tes Pramusim Resmi MotoGP™ di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika menandai Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™ kembali ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam 25 tahun. Tiga hari di lintasan sangat berharga bagi pebalap, tim dan organisasi, memungkinkan semua pihak untuk mendapatkan pengalaman di sirkuit baru sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.