Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

Kompas.com - 16/02/2022, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan tes resmi pada 11-13 Februari 2022. Ke depan, sirkuit jalan raya itu akan jadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Selama tiga hari tes tersebut, banyak masukan dari pebalap dan pihak terkait soal sirkuit, mulai dari sisi keamanan hingga permukaan lintasan yang merupakan bagian paling krusial buat balapan.

Selama pengujian, ditemukan dua area yang butuh ditingkatkan, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang memengaruhi sirkuit.

Baca juga: Selain untuk Keamanan, Ini Fungsi Lain Kaca Film pada Mobil

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang mengawasi homologasi trek juga telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Hasilnya, sebagian Sirkuit Mandalika akan dilapis ulang.

Bagian yang akan dilapis ulang ialah sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5. ITDC akan memastikan bahwa aspal yang dipakai memenuhi standar MotoGP.

Jika melihat denah sirkuit maka setidaknya pelapisan ulang itu akan menyentuh enam tikungan. Mulai sebelum tikungan akhir dan masuk jalur lurus atau straight hingga empat tikungan sesudahnya.

Baca juga: Geber Toyota GR Yaris di Sirkuit, Torsi dan Tenaganya Sangat Buas

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

"Pemilik sirkuit ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut," tulis pernyataan yang dikutip dari MotoGP.com, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Cara Benar Derek Mobil Transmisi Matik yang Mogok

"Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan," tulis MotoGP.

Berikut bunyi pernyataan lengkap soal pelapisan ulang Sirkuit Mandalika:

Tes Pramusim Resmi MotoGP™ di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika menandai Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™ kembali ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam 25 tahun. Tiga hari di lintasan sangat berharga bagi pebalap, tim dan organisasi, memungkinkan semua pihak untuk mendapatkan pengalaman di sirkuit baru sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia.

Tes tiga hari ini juga memberikan kesempatan kepada organisasi dan badan pengatur untuk memastikan tempat tersebut sesuai dengan standar MotoGP™ dan menilai setiap perbaikan yang diperlukan sebelum debut trek di kalender Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™.

Setelah tiga hari yang luar biasa di Indonesia, kami tidak sabar untuk kembali ke putaran 2 di bulan Maret.

Umpan balik dari pengendara dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar keselamatannya, termasuk area run off yang luas termasuk aspal maupun kerikil, sangat positif.

Selama pengujian, dua area perbaikan diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi bagian sirkuit.

FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai perbaikan yang diperlukan, yang akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia.

Pemilik sirkuit ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut. Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan.

Sirkuit akan dilapis ulang dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Tempat tersebut juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP™.

FIM dan Dorna ingin mengucapkan terima kasih kepada ITDC atas dukungan luar biasa dan reaksi cepat mereka. Semua pihak juga ingin meyakinkan penggemar kami di Indonesia, dan semua orang di seluruh dunia, bahwa Pertamina Grand Prix Indonesia 2022 akan berlangsung pada tanggal yang direncanakan, dan MotoGP™ sangat menantikan untuk kembali ke Lombok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com