Pengelola Sirkuit Mandalika Bertekat Bereskan Masalah Debu di Lintasan

Kompas.com - 15/02/2022, 17:42 WIB
|

MANDALIKA, KOMPAS.com - Tes resmi MotoGP Mandalika 2022 sudah berakhir akhir pekan lalu. Selanjutnya Sirkuit Mandalika akan jadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Usai berakhirnya MotoGP Official Test ada sejumlah catatan yang jadi sorotan. Salah satunya ialah kondisi trek atau lintasan yang dianggap kotor dan berbebu pada sesi tes lalu.

Baca juga: Toyota Indonesia Catat Pencapaian Ekspor 2 Juta Unit Kendaraan Utuh

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) kini fokus membenahi hal tersebut agar tidak terulang pada saat balapan Maret mendatang.

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

ITDC Group akan melakukan pembenahan dan penyempurnaan main track untuk memastikan kondisi lintasan sesuai standar keamanan yang ditetapkan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Untuk itu ITDC Group juga akan melakukan pembersihan lintasan menggunakan kendaraan pembersih track “Track Jet Truck” yang memiliki penyemprot air bertekanan tinggi.

Truk pembersih ini akan dilengkapi rotating brush atau sikat yang dapat berputar. Truk masuk ke dalam lintasan dan membersihkan area-area tertentu, dibantu kru bagian perawatan.

Selain itu disebutkan tidak menutup kemungkinan ITDC Group juga akan menambah kebutuhan alat untuk membersihkan lintasan sirkuit.

Baca juga: Disebut Tak Sesuai Spek, Ini Teknologi Aspal Sirkuit Mandalika

Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

 

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan FIM terkait kebutuhan sejumlah pembenahan dan penyempurnaan di lintasan sirkuit.

"FIM telah menerima rencana kerja kami dalam peningkatan kualitas sirkuit tersebut. Kami bersama kontraktor utama kami PT Pembangunan Perumahan Tbk serta Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), akan bekerja keras untuk memenuhi tenggat yang ditetapkan oleh FIM," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (15/2/2022).

Abdulbar optimistis pihaknya dapat menyelesaikan target tepat waktu. Dia berharap komitmen untuk menjaga kondisi dan meningkatkan kualitas lintasan ini dapat dirasakan oleh para pebalap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.