Pentingnya Riding Gear Ketika Berkendara, Kecelakaan Bisa Datang Tiba-tiba

Kompas.com - 15/02/2022, 19:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan di jalan raya bisa datang kapan saja. Bahkan untuk pengendara motor, harus lebih berhati-hati karena dampak kecelakaan yang dialami pengendara bisa lebih parah dibanding orang yang naik mobil.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi cedera ketika pengendara alami kecelakaan adalah memakai riding gear yang lengkap. Riding gear meliputi helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, sampai sepatu.

Tapi sayangnya, pengendara di Indonesia masih ada yang belum sadar pentingnya riding gear untuk digunakan. Sering ditemui pengendara yang tidak memakai helm maupun jaket atau sepatu.

Baca juga: VIdeo Ini Tunjukkan Salah Satu Penyebab Tersering Kecelakaan Motor

Ilustrasi kecelakaanAUTOACCIDENT Ilustrasi kecelakaan

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, agar selamat di jalan raya, pengendara harus mengenakan riding gear yang lengkap serta mengikuti aturan rambu-rambu di jalan raya.

“Dalam berkendara, yang harus diperhatikan adalah penggunaan riding gear yang aman dan cara berkendara dengan mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, pengendara juga harus punya skill berkendara yang mumpuni agar selalu sigap menghadapi berbagai kondisi berbahaya di jalan. Refleks yang baik juga perlu dimiliki pengendara untuk merespon bahaya.

Baca juga: Tagihan Parkir Mobil HR-V di Bandara Ngurah Rai Bali sampai Rp 50 Juta

“Skill berkendara yang baik itu mampu mengoperasikan instrumen sepeda motor dan mengerem dengan benar. Mampu berkendara zig-zag dan bermanuver secara aman dan memprediksi bahaya yang akan terjadi,” kata Agus.

Jika pengendara sudah menggunakan riding gear yang lengkap, setidaknya ketika terlibat kecelakaan, cedera yang dialami bisa lebih ringan. Berbeda jika pengendara tidak menggunakan riding gear seperti helm, tentu cedera yang dialami bisa jauh lebih parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.