Selain untuk Keamanan, Ini Fungsi Lain Kaca Film pada Mobil

Kompas.com - 15/02/2022, 20:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film dapat membuat kaca jendela mobil menjadi terlihat lebih gelap. Isi kabin akan lebih sulit terlihat dari luar, namun penumpang dan pengemudi tetap dapat melihat keluar dengan jelas.

Untuk alasan keamanan, kaca film mengurangi daya tarik orang untuk melihat ke dalam kabin mobil, misalnya jumlah penumpang yang ada di kabin, atau barang-barang berharga yang dibawa oleh pemilik mobil.

Namun, ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari memasang kaca film. Kaca film dapat menahan sinar matahari yang masuk ke kabin mobil, sehingga suhu di dalam mobil tidak terlalu tinggi, khususnya untuk mobil yang kerap parkir outdoor atau di luar bangunan.

Baca juga: Jangan Abai, Ini Ciri Kaca Film Mobil Sudah Harus Ganti

Tanpa kaca film, bagian dalam kabin mobil akan cepat rusak. Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, ada beberapa efek sering parkir outdoor di bawah terik matahari.

"Ya itu interior dan eksterior. Interiornya, dia cepat renggang, memuai," kata Bambang pada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Salah satu cara alternatif untuk mengurangi kerusakan interior saat parkir outdoor ialah dengan membuka sedikit jendela mobil, untuk mengurangi tekanan di dalam kabin mobil dan membiarkan ada sedikit sirkulasi udara masuk ke dalam.

Cara lain ialah dengan memasang kaca film. Kaca film memiliki tingkat menahan panas yang berbeda-beda, tergantung dari kualitasnya.

Kaca film yang bagus mampu meredam panas dengan baik, terutama ketika bulan puasa seperti sekarang.Dok. V-Kool Indonesia Kaca film yang bagus mampu meredam panas dengan baik, terutama ketika bulan puasa seperti sekarang.

Bambang menjelaskan, dengan tingkat intensitas yang sama, tingkat menahan panasnya berbeda, tergantung dari harga dan kualitasnya.

Kaca film dengan kualitas rendah umumnya hanya mementingkan gelap, tanpa memperhatikan visibilitas pengemudi dari dalam kabin mobil. Ini perlu dihindari, karena pada akhirnya dapat membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lain.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Alasan Mobil Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

"Artinya, kalau nyaman tapi enggak aman, baik untuk diri sendiri maupun orang lain kan berbahaya. Resikonya lebih besar," kata dia.

Kaca film yang berkualitas rendah dapat membuat visibilitas pengemudi menjadi terbatas. Bambang menekankan, menggunakan kaca film tetap harus memperhatikan aspek keamanan, bukan hanya kenyamanan saja.

"Kalau memang mau kualitas, ingin dingin atau ingin lebih sejuk di dalam (kabin mobil), maka pilihlah kaca film yang punya kualitas baik," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.