Sirkuit Mandalika Akan Gelar GT World Challenge Asia di November 2022

Kompas.com - 04/02/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, tidak hanya akan menjadi tuan rumah untuk ajang balap roda dua. Sirkuit ini juga akan digunakan untuk balap mobil.

Persiapan Sirkuit Mandalika untuk mencapai Grade A diklaim hanya tinggal 10 persen. Artinya, sirkuit ini bisa digunakan juga untuk balap mobil.

Baca juga: ITDC Sebut Nilai Investasi Sirkuit Mandalika, Lebih dari 1 Triliun

Sebelumnya, diberitakan bahwa Sirkuit Mandalika juga masuk kalender GT World Challenge Asia 2022. Mandalika menjadi salah satu dari tiga sirkuit baru yang akan menjadi tuan rumah ajang balap tersebut. Dua sirkuit lainnya adalah Sugo dan Okayama.

GT World Challenge AsiaDok. SRO GT World Challenge Asia

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda, mengatakan, memang benar pihaknya akan adakan ajang balap yang biasa disebut GT3 di bulan Oktober.

"Kalau ditanya saat ini apakah semua spek sudah memenuhi semua syarat, jelas kita masih dalam proses koordinasi. Belum bisa kami jawab sekarang," ujar Cahyadi, di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: MGPA Sediakan Layar Besar untuk Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika

Cahyadi menambahkan, acara ini membutuhkan semua inspeksi lebih mendalam. Menurutnya, semua kriteria juga harus dikomunikasikan.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

"Nanti, mungkin beberapa bulan ke depan, karena fokus kami masih di MotoGP, jadi kita belum tahu bagaimana untuk menjelaskan lebih teknisnya," kata Cahyadi.

"Tapi, setelah itu, 11-13 November itu adalah World Superbike (WorldSBK) kembali di Indonesia. Jadi, itu sudah dikonfirmasi. Jadi, selebihnya apakah akan ada kejuaraan lain, kita masih terus berkomunikasi," ujarnya.

Cahyadi mengatakan, harapannya tentu akan ada acara-acara lainnya. Tapi, hingga saat ini yang pasti akan ada tiga acara besar, yakni MotoGP, GT3, dan WorldSBK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.