Ajang Balap Motor Tingkat Nasional dan Asia Akan Digelar di Mandalika

Kompas.com - 04/02/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi ajang balap internasional, seperti World Superbike (WorldSBK) atau MotoGP. Sirkuit ini juga terbuka dengan ajang balap lainnya.

Setelah sukses menggelar WorldSBK 2021, tahun ini Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP. Selanjutnya, diharapkan akan ada juga ajang balap tingkat nasional dan tingkat Asia di sirkuit ini.

Baca juga: ITDC Sebut Nilai Investasi Sirkuit Mandalika, Lebih dari 1 Triliun

Rencananya, Indonesia Motorsport Series (IMS) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) juga akan menggunakan Sirkuit Mandalika.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

Untuk diketahui, kejuaraan nasional balap motor saat ini menggunakan nama IMS. Sementara ARRC, merupakan ajang balap roda dua tingkat Asia.

Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengatakan, pihaknya sudah membicarakan dalam rakernas untuk membawa IMS ke Mandalika.

Baca juga: Peningkatan Sirkuit Mandalika Sudah 90 Persen Menuju Grade A

"Kita juga sudah bicara dengan promotor ARRC untuk datang ke Mandalika. Jadi, dalam rilis FIM Asia, ada rilis ARRC di bulan Juni TBA (To Be Announced), yaitu rencananya adalah Indonesia," ujar Sadikin, di Jakarta, belum lama ini.

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Awhin Sanjaya (2 dari kanan), berusaha mengejar pebalap Thailand, Muklada Sarapuech (nomor motor 44) dalam Race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250cc di Sirkuit Chang Internasional, Buriram, Thailand, Sabtu (30/11/2019). Race 1 ini dimenangi Andy Muhammad Fadly (kiri), disusul Awhin dan Muklada.AHRT Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Awhin Sanjaya (2 dari kanan), berusaha mengejar pebalap Thailand, Muklada Sarapuech (nomor motor 44) dalam Race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250cc di Sirkuit Chang Internasional, Buriram, Thailand, Sabtu (30/11/2019). Race 1 ini dimenangi Andy Muhammad Fadly (kiri), disusul Awhin dan Muklada.

Sadikin menambahkan, IMI sedang membuat kesepakatan agar membawa ARRC datang ke Indonesia. Menurutnya, dari pihak ARRC juga sangat tertarik, karena 40 persen pebalapnya dari Indonesia.

"Jadi, ini menjadi kesempatan bagi para pebalap muda kita untuk memperlihatkan kemampuannya," ujar Sadikin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.