Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peningkatan Sirkuit Mandalika Sudah 90 Persen Menuju Grade A

Kompas.com - 03/02/2022, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk seri kedua MotoGP 2022. Segala persiapan dilakukan untuk mensukseskan ajang balap tingkat dunia ini.

Belum lama ini, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) juga sudah resmi menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk memperlancar jalannya Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, pada 18-20 Maret 2022.

Baca juga: MGPA Sediakan Layar Besar untuk Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika

Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor IMI, mengatakan, diharapkan dengan kerjasama MGPA dengan IMI bisa membuat Sirkuit Mandalika jadi salah satu yang terbaik di dunia.

Proses perbaikan sarana dan prasarana di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, menjelang gelaran MotoGP Indonesia 2022.Dok. ITDC Proses perbaikan sarana dan prasarana di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, menjelang gelaran MotoGP Indonesia 2022.

"Tugas pertama kami adalah bagaimana mengasistensi MGPA untuk meningkatkan grade sirkuit. Catatan dari FIM per kemarin, sudah dilaksanakan 90 persen, diharapkan minggu depan sudah selesai," ujar Sadikin, di Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Sadikin menambahkan, sebelum seri MotoGP, sirkuit sudah berstatus Grade A, agar balapan MotoGP bisa dilaksanakan. Saat ini, hanya sisa 10 persen yang belum selesai.

Baca juga: Tes Pramusim MotoGP, Ban dan Bahan Bakar Tiba di Mandalika

"Drainase sudah selesai semua, ada beberapa cat yang akan diperiksa homologasinya. Aspal tidak ada masalah, sudah selesai semua. Elektrikal ada beberapa," kata Sadikin.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

"Dari permintaan FIM, hanya tinggal 10 persen yang belum selesai. Jadi, semoga bisa selesai dalam waktu sepekan ini. Sebab, ini akan dicek sendiri pada saat winter test," ujarnya.

Sadikin mengatakan, winter test tidak perlu homologasi, yang perlu pada saat balapan nantinya. Jadi, tim dari FIM akan mempersiapkan untuk homologasi sirkuit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com