Indonesia Terapkan Sistem Travel Bubble untuk Rombongan MotoGP

Kompas.com - 03/02/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Indonesia akan digelar dalam waktu dekat, tepatnya 18-20 Maret 2022. Sebelumnya, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, juga akan menjadi tempat untuk sesi tes pra-musim.

Saat pandemi, terutama ketika angka kasus Omicron terus meningkat, gelaran MotoGP Indonesia akan terus bergulir. Tapi, tetap dengan protokol kesehatan yang ketat, khususnya bagi para rombongan MotoGP.

Baca juga: Tes Pramusim MotoGP, Ban dan Bahan Bakar Tiba di Mandalika

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan menerapkan sistem travel bubble. Sistem ini akan diberlakukan untuk sesi tes pra-musim dan saat rangkaian balapan nantinya.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

Wakil Direktur MGPA Cahyadi Wanda, mengatakan, sejak mendarat, semua sudah dipisahkan dari masyarakat. Para pebalap dan ofisial tim hanya bertemu dengan sesama panitia dan tim.

"Sejak mereka mendarat, kita langsung adakan PCR, setelah PCR kita bawa mereka ke hotel, menunggu hasil PCR keluar," ujar Cahyadi, di Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Perbaikan Selesai, Sirkuit Mandalika Bebas Genangan Air

Cahyadi menambahkan, setelah hasil PCR keluar, barulah rombongan MotoGP ini bisa beraktivitas. Namun, aktivitas yang bisa dilakukan pun sangat terbatas.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Hanya sebatas hotel ke sirkuit dan sirkuit ke hotel. Artinya, kita akan sulit menemukan apa yang seperti kita lihat di Superbike, kita bisa ketemu pebalap di restoran. Saya rasa hal itu tidak mungkin terjadi saat ini," kata Cahyadi.

Cahyadi menambahkan, rombongan MotoGP ini akan langsung diawasi oleh Satgas Covid-19 dan satgas khusus travel bubble. Jadi, ruang interaksi bagi para pebalap dan tim akan sangat terkurung.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

"Ini bukan hal yang aneh bagi mereka. Sebelum mereka ke sini, di Sepang pun diberlakukan hal yang sama. Di grand prix tahun lalu, ketika berlangsung di tengah Covid pun mereka sudah terbiasa melakukan ini," ujar Cahyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.