PO Budiman Tambah Lagi Bus Baru Kreasi Karoseri Adiputro

Kompas.com - 29/01/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Budiman kembali merilis tiga unit bus baru dari Karoseri Adiputro. Bus tersebut merupakan lanjutan dari lima unit bus baru yang meluncur sejak Agustus 2021 kreasi Karoseri Adiputro.

Untuk bodinya, bus berkelir abu-abu khas PO Budiman ini menggunakan tipe Jetbus 3+ HDD Voyager. Sama seperti rilisan sebelumnya, bus menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1526.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, PO Budiman sebenarnya punya lima unit bus baru yang akan dirilis, tapi saat ini baru diambil tiga dahulu.

Baca juga: Menilik Performa Pelayanan Bus BTS di Setiap Kota

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

“Bertahap diambilnya karena kalau PO Budiman sopirnya enggak ada untuk mengambil semuanya, jadi bertahap,” kata Yohan kepada Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

Untuk kabinnya, sama seperti rilisan Agustus 2021 sebelumnya. Jadi bodi bus keluar dari karoseri dalam keadaan tanpa bangku. Jadi nantinya bangku bisa dipasang sendiri di garasi PO Budiman, disesuaikan lagi dengan kapasitas yang mau diangkut.

Baca juga: Menaksir Harga Hyundai Ioniq 5 yang Akan Diproduksi Lokal

“Walaupun kosong tanpa bangku penumpang, bus ini sudah dilengkapi dengan sistem audio sebagai standar. Begitu juga dengan colokan listrik yang ada di bagasi kabin tepat di atas kepala penumpang,” kata Yohan.

Secara tampilan, Jetbus 3+ HDD memang bisa dibilang bus dengan model paling ‘aman’. Desainnya tidak begitu futuristis tapi relatif diminati penumpang dan tetap modern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.