Menilik Performa Pelayanan Bus BTS di Setiap Kota

Kompas.com - 27/01/2022, 19:42 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Sejak 2020, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat resmi mulai mengoperasikan program Buy The Service (BTS) di sejumlah kota besar.

Seiring dengan perkembangannya, layanan transportasi darat perkotaan berbasis bus tersebut pun mulai menyebar di Indonesia dan makin digemari. Dari semula 5 kota saat ini sudah hadir di 10 kota besar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, kehadiran BTS Teman Bus ini merupakan salah satu bentuk respon Pemerintah Pusat dalam mendorong transformasi angkutan perkotaan yang berkelanjutan.

Baca juga: Bukan 150 cc, Ini Alasan Yamaha Fazzio Pakai Mesin 125 cc

Batik Solo TransDoc Ir. Djoko Setijowarno MT Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Batik Solo Trans

"Hingga saat ini load factor BTS pada beberapa kota cukup bagus, terlebih di Banyumas maupun Makassar yang load factor-nya sering mencapai lebih dari 100 persen, sehingga kerap terjadi antrian penumpang yang antusiasi ingin mencoba BTS," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangan resminya belum lama ini.

Lantas secara statistik, bagaimana performa layanan bus perkotaan yang digagas Kemenhub tersebut?

"Saat ini dengan total 473 bus di seluruh daerah, BTS sudah melayani lebih dari 10 juta penumpang," ucap Pitra Setiawan, Kasubbag Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Viral, Unggahan tentang Razia STNK hingga Sita Kendaraan

Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.tribunnews.com Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.

BTS di Kota Solo menduduki peringkat pertama pelayanan publik dengan sudah melayani rata-rata 11.561 penumpang di hari kerja dan 10.785 penumpang di akhir pekan.

Disusul BTS di Kota Medan yang melayani masyarakat dengan rata-rata sebanyak 5.009 penumpang pada hari kerja dan 5.433 penumpang di akhir pekan.

Sementara itu, BTS di Kota Makassar nampaknya masih harus banyak berbenah dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan bus tersebut.

Sebab BTS Kota Makassar dengan nama Trans Mamminasata hanya mencatatkan rata-rata pelayanan 1.344 penumpang di hari kerja dan 1.623 penumpang di akhir pekan.

Namun angka tersebut masih bisa dikatakan wajar mengingat Trans Mamminasata baru resmi dioperasikan sejak November 2021, terhitung muda dibanding layanan BTS di kota lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.