WithU RNF Yamaha Pamer Livery Motor Musim 2022

Kompas.com - 25/01/2022, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim satelit Yamaha lebih dulu memperkenalkan livery dibandingkan tim pabrikannya. Dengan nama WithU RNF Yamaha, tim ini tak hanya tampil dengan nama baru, tapi juga livery dan semangat baru.

Bersama kedua pebalapnya, Andrea Dovizioso dan Darryn Binder, peluncuram tim dan livery digelar di Verona, Italia. Meskipun, tim ini sebenarnya lahir dari sisa proyek Petronas Sepang Racing Team (SRT).

Baca juga: Opini Kepala Kru Yamaha RNF Soal Cara Balap Dovizioso, Pebalap Cerdik

Tim asal Malaysia tersebut jadi tim satelit Yamaha paling sukses hingga saat ini. Meski usianya baru di kelas MotoGP, tapi sudah berhasil meraih 15 podium dan menjadi runner-up melalui Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022Dok. MotoGP Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022

Awalnya, tim tersebut ingin menjaga MotoGP SRT tetap utuh dengan rebranding untuk 2022. Tapi, terjadi perpecahan manajemen antara kepala tim Razlan Razali dan direktur tim Johan Stigefelt yang akhirnya membuat Razali melakukannya sendiri dengan mendirikan proyek RNF.

Posisi SRT di MotoGP pun dipindahkan ke RNF oleh Dorna, diikuti dengan konfirmasi kontrak awal satu tahun dengan Yamaha. Tapi, tim ini langsung berhasil mendapat sponsor utama, yakni WithU, perusahaan energi asal Italia.

Baca juga: Sudah Uzur, Dovizioso Dianggap Masih Bisa Balapan

Manajer tim Wilco Zeelenberg dan kepala kru Ramon Forcada juga tetap bergabung. Razali menargetkan anggaran 11 euro sampai 13 juta euro untuk mempertahankan presentasi tingkat tinggi yang terlihat di SRT.

Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022Dok. MotoGP Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022

Dovizioso akan menggunakan YZR-M1 spek pabrik 2022 terbaru musim ini. Motor balap yang sama seperti yang digunakan oleh Quartararo dan Morbidelli di Mknster Energy Yamaha MotoGP.

"Saya sangat siap untuk musim ini. Saya banyak berlatih di gym, dengan motor motocross saya. Saya melepas pelat pada tulang selangka awal Desember lalu agar merasa lebih baik tahun ini. Semua berjalan lancar," ujar Dovizioso, dikutip dari Crash.net, Selasa (25/1/2022).

Dovizioso mengatakan, dirinya sangat senang untuk memulai musim ini setelah lima seri pengetesan tahun lalu. Menurutnya, itu sangat penting untuk memulai lebih awal bersama Yamaha, yang sangat berbeda dari motor yang digunakannya pada delapan musim terakhir.

"Saya yakin ini akan sangat membantu saya untuk melakukan pengetesan dan balapan di 2022 dengan lebih baik. Saya lebih tahu tentang motornya, tentang teknisi, dan tim secara keseluruhan," kata Dovizioso.

Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022Dok. MotoGP Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.