Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Honda All New HR-V Tertangkap Kamera Sedang Syuting | Tips Lewati Turunan Pakai Mobil Transmisi Matik dan Manual

Kompas.com - 25/01/2022, 06:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) sedang menyiapkan model baru, yakni All New HR-V. Hal tersebut diketahui dari video yang viral di media sosial.

Pada video yang diambil akun Instagram @akuayman, terlihat dua model HR-V sedang dalam proses syuting. Kabarnya, lokasi pengambilan gambar dilakukan di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Untuk model yang berwarna silver, menggunakan pelat bertuliskan HR-V. Sedangkan model yang berwarna merah, pada pelatnya bertuliskan HR-V RS.

Selain itu, berita tips lewati turunan pakai mobil transmisi matik dan manual menjadi sorotan. Kontur jalanan di Indonesia memang beragam.

Tidak jarang ketika sedang menyetir, bisa ditemui jalanan dengan turunan yang tajam. Ketika melewati turunan, pengemudi harus tetap waspada dan mengendalikan kecepatannya.

Jangan sampai pengemudi malah terlalu kencang sehingga menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Lalu bagaimana tips melewati turunan?

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 24 Januari 2022 :

1. Honda All New HR-V Tertangkap Kamera Sedang Syuting

Honda HR-V e:HEVheadlightmag.com Honda HR-V e:HEV

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, mengatakan, pihaknya memang sering melakukan aktivitas marketing yang melibatkan pengambilan gambar dengan mobil.

"Jadi, mungkin saja yang dilihat itu adalah salah satu aktivitas tersebut," ujar Billy, saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Mengenai isu hadirnya HR-V facelift, Billy tidak mengelak. Namun, tidak mengonfirmasi juga bahwa model tersebut adalah HR-V facelift yang akan segera meluncur.

Baca juga: Honda All New HR-V Tertangkap Kamera Sedang Syuting

2. Tips Lewati Turunan Pakai Mobil Transmisi Matik dan Manual

Tuas transmisi manual Subaru WRX 2022PAULTAN.org Tuas transmisi manual Subaru WRX 2022

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman mengatakan, untuk mobil transmisi manual atau otomatis, intinya, sebelum melewati turunan, pilih transmisi dengan gigi yang rendah.

Untuk pengguna mobil manual, sebelum melewati turunan, pindahkan transmisi ke gigi rendah, misalnya seperti gigi tiga atau dua. Fungsi dari gigi rendah ini adalah menciptakan engine brake, sehingga laju kendaraan bisa dikendalikan dan tidak terlalu cepat.

“Kalau kondisi jalan kosong, jika menggunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju dengan lebih cepat ketimbang pakai gigi dua atau tiga,” ujar Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Tips Lewati Turunan Pakai Mobil Transmisi Matik dan Manual

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com