Opini Kepala Kru Yamaha RNF Soal Cara Balap Dovizioso, Pebalap Cerdik

Kompas.com - 24/01/2022, 19:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Ramon Forcada merupakan salah satu kepala kru terbaik di paddock MotoGP. Dia membawa Jorge Lorenzo juara dunia, dan berkerja lama dengan Maverick Vinales.

Musim 2020 Forcada membawa pembalap Italia Franco Morbidelli keluar menjadi runner-up di bawah Joan Mir di tim Petronas Yamaha SRT.

Musim ini dia akan berkerja sama dengan Andrea Dovizioso di WithU Yamaha RNF, pembalap veteran yang musim 2022 mendapat motor YZR-M1 dengan spesifikasi sama dengan tim pabrikan.

Baca juga: Inden All New Honda BR-V di Jabar dan Banten Capai 400 Unit Lebih

Tim Petronas SRT akan menjalani rebranding menjadi tim RNF MotoGP untuk MotoGP 2022 dengan diperkuat Andrea Dovizioso dan rider yang kini membalap di Moto3, Darryn Bynder.MOTOGP Tim Petronas SRT akan menjalani rebranding menjadi tim RNF MotoGP untuk MotoGP 2022 dengan diperkuat Andrea Dovizioso dan rider yang kini membalap di Moto3, Darryn Bynder.

Musim lalu Dovi sudah balapan bersama Petronas Yamaha SRT selama lima seri. Forcada menilai, Dovi merupakan pembalap yang cerdik dan tahu apa yang dibutuhkan.

"Dia tahu apa yang dia butuhkan untuk menjadi cepat," kata Forcada mengutip Motorsport-Total.com, Senin (24/1/2022).

“Tapi dia berjuang karena Yamaha adalah motor yang sama sekali berbeda. Sudah sulit baginya pada 2020 dengan ban Michelin yang baru,” ungkap Forcada.

Forcada membela Dovi dan mengatakan tidak mudah untuknya langsung berpindah dan cepat dengan motor baru. Selama ini Dovi dikenal sebagai pembalap Ducati sampai punya julukan nama Desmodovi.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Mesin Diesel di Bawah Rp 50 Juta

“Dia memiliki motor baru bersama kami. Sulit baginya, sama seperti yang dialami Franco di tahun pertamanya bersama tim," katanya.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

"Sulit bagi semua orang ketika Anda mengganti motor. Karakteristiknya sangat berbeda dan Anda harus memahami bagaimana Anda melakukannya saat balapan," katanya.

Forcada menilai Dovi sudah bekerja keras dan sangat berorientasi pada detail, sebuah filosofi yang dia bawa dari Ducati. Filosofi detail itu penting untuk menjadi cepat.

"Motor terbaik tidak ada. Tapi Dovizioso cocok dengan konsep ini, dia mengabdikan dirinya pada detail. Dia bekerja dengan sangat metodis dan selalu ingin memiliki kejelasan," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.