Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso Ungkap Alasan Utama Berpisah dengan Ducati

Kompas.com - 17/01/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisah dari Ducati, Andrea Dovizioso sempat menganggur beberapa bulan hingga akhirnya kembali balapan pada akhir musim 2021. Pebalap asal Italia ini pun akhirnya mengungkapkan alasan perceraiannya dengan pabrikan asal Italia tersebut.

Sebelum resmi berpisah pada akhir musim 2020, Dovizioso bisa dibilang cukup setia dengan tim tersebut. Dia sudah membantu mengembangkan Desmosedici GP sejak bergabung pada 2013.

Baca juga: Dovizioso Akui Sempat Tiru Rossi, tetapi Gagal

Bersama Ducati, Dovizioso juga berhasil raih runner up tiga musim berturut-turut. Namun, itu semua tidak membuat Ducati tergugah untuk memperpanjang kontraknya.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Kami pisah untuk banyak alasan. Ketika saatnya bernegosiasi untuk perpanjang kontrak, Ducati tidak pernah mencari waktu untuk berbicara," ujar Dovizioso, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Senin (17/1/2022).

Dovizioso menambahkan, bukan uang yang dipermasalahkan. Menurutnya, hal tersebut bukanlah yang membatasinya.

Baca juga: Petronas Yamaha Mengaku Terpaksa Rekrut Dovizioso

Pebalap dengan nomor start 04 tersebut juga menjelaskan bahwa perpisahannya dengan Ducati bukanlah karena masalah gaji. Bahkan, belum sempat ada negosiasi dengan Ducati untuk membicarakan hal tersebut.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

Dovizioso pun akhirnya menganggur dan sempat membantu Aprilia mengembangkan RS-GP. Banyak yang menyangkan Dovizioso akan bergabung dengan tim tersebut. Tapi, ketika Yamaha memintanya untuk bergabung, Dovizioso tidak berpikir dua kali untuk mengiyakan ajakan tersebut.

"Saya tidak kembali karena gaji. Saya tidak pernah membuat keputusan berdasarkan seberapa banyak yang saya hasilkan. Saya hanya ingin menjalankan persyaratan saya," kata Dovizioso.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

"Saya beruntung, Yamaha menginginkan masukan dari pebalap berpengalaman yang sudah mengendarai motor lain dan sponsor juga menginginkan saya," ujarnya.

Musim 2022 ini akan jadi penentuan bagi Dovizioso untuk membuktikan pengalaman dan kemampuannya, apakah bisa kompetitif atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com