Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2022, 19:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tak terkecuali bagi pemilik Suzuki Jimny.

SUV ikonik dari Suzuki ini biasanya mengalami ubahan di sektor kaki-kaki agar lebih menunjang saat dipakai di medan offroad.

Namun perlu diketahui, mengganti ban Jimny dengan ukuran yang lebih besar bisa memengaruhi kualitas berkendara.

Jika ban yang diganti lebih besar, bagian per daun dan damper (shock) harus disesuaikan, karena jika tidak, bantingan mobil akan terasa keras.

Baca juga: Suzuki Jimny Long Punya Dimensi dan Mesin Beda

Denis Emmanuel, pemilik dari bengkel spesialis modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4x4 yang berlokasi di Jakarta Selatan mengatakan, jika pemilik Jimny ingin mengganti ban yang lebih besar, harus diawali dengan pengaturan suspensi dan sistem kemudi terlebih dahulu.

“Sesuaikan dengan ban yang akan dipasang. Buat pengaturan suspensi dan kemudi dengan perhitungan yang benar, bukan asal tinggi,” ucap Dennis saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Hal itu meliputi pengukuran pada ruang gerak roda di fender, suspensi, serta panjang, sudut, dan lokasi shock. Sesuaikan juga ukuran pegas dan tingkat kejut (shock), stopper, dan link drag kemudi.

“Intinya semua hal harus diperhatikan dari suspensi dan steering system,” ucap Dennis.

Menyoal ukuran ban maksimum yang direkomendasikan untuk Jimny adalah berukuran ban 30 inci dengan lebar ban 10.5 inci.

Baca juga: Diskon Rp 16 Jutaan, Stok Karimun Wagon R di Diler Tersisa Satu Varian

Tak hanya itu, Dennis mengimbau pemilik kendaraan merubah pola pikir dan gaya berkendara. Belajar dan berlatih mengendarai kendaraan yang menggunakan roda lebih besar. Sebab handling kendaraan akan berubah, butuh penyesuaian.

“Cara pengereman pun akan berubah. Tidak bisa hanya mengandalkan modifikasi mobil, tapi pengendaranya pun harus ikut belajar dan menyesuaikan diri,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com