Wacana Polda Metro Jaya Gelar Street Race di Bekasi Bergulir

Kompas.com - 21/01/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang street race yang digagas oleh Polda Metro Jaya diklaim sukses ketika bergulir di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Balapan tersebut setidaknya diramaikan oleh 350 pembalap dari berbagai kelas.

Berkaca dari kesuksesan tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo akan meninjau kawasan Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, sebagai lokasi ajang balap motor jalanan atau street race.

“Mungkin di Meikarta, belum tahu, tetapi nanti kita cek,” ucap Sambodo kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Ada Street Race, Polisi Sebut Ajang Balap Liar Mulai Berkurang

Tak hanya di Kabupaten Bekasi, rencananya street race juga akan digelar di Kota Bekasi, tepatnya di Kawasan Perumahan Vida. Namun hal tersebut belum bisa dipastikan dan masih dipertimbangkan.

“Di Bekasi Kota kita mengecek jalur di Kompleks Vida, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Memang jalurnya cukup pendek hanya 500 meter sehingga mungkin treknya kita yang kelas 201 meter ditambah jarak pengereman 200 meter,” ucap Sambodo.

Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Sambodo melanjutkan, telah terjadi kesepakatan antara komunitas dengan pengelola perumahan. Sehingga ia berharap agar lokasi lintasan Vida dapat menjadi alternatif lintasan selain kawasan Ancol.

“Tadi sudah disepakati dengan kepala komunitas dengan pemilik perumahan ini mereka juga membolehkan. Insya Allah mudah-mudahan ini bisa jadi jalur pelintasan alternatif lainnya selain yang baru kemarin kita laksanakan di Ancol,” ucapnya.

Sebagai informasi, street race digelar untuk pertama kalinya di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022). Meski baru sekali dilaksanakan, gelaran tersebut diklaim mampu mengurangi balap liar yang terselenggara secara ilegal di jalan raya.

Baca juga: Yamaha Fazzio Langsung Laku 1.000 Unit dalam 5 Jam

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran sebelumnya mengungkapkan, bahwa gelaran street race tersebut bukan hanya sekedar seremonial.

Dia merencanakan street race juga digelar di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, pada bulan depan.

Selain di Serpong, Fadil berharap street race juga bisa digelar di Bekasi, dan Cikarang Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.