Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wacana Polda Metro Jaya Gelar Street Race di Bekasi Bergulir

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang street race yang digagas oleh Polda Metro Jaya diklaim sukses ketika bergulir di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Balapan tersebut setidaknya diramaikan oleh 350 pembalap dari berbagai kelas.

Berkaca dari kesuksesan tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo akan meninjau kawasan Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, sebagai lokasi ajang balap motor jalanan atau street race.

“Mungkin di Meikarta, belum tahu, tetapi nanti kita cek,” ucap Sambodo kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Tak hanya di Kabupaten Bekasi, rencananya street race juga akan digelar di Kota Bekasi, tepatnya di Kawasan Perumahan Vida. Namun hal tersebut belum bisa dipastikan dan masih dipertimbangkan.

“Di Bekasi Kota kita mengecek jalur di Kompleks Vida, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Memang jalurnya cukup pendek hanya 500 meter sehingga mungkin treknya kita yang kelas 201 meter ditambah jarak pengereman 200 meter,” ucap Sambodo.

Sambodo melanjutkan, telah terjadi kesepakatan antara komunitas dengan pengelola perumahan. Sehingga ia berharap agar lokasi lintasan Vida dapat menjadi alternatif lintasan selain kawasan Ancol.

“Tadi sudah disepakati dengan kepala komunitas dengan pemilik perumahan ini mereka juga membolehkan. Insya Allah mudah-mudahan ini bisa jadi jalur pelintasan alternatif lainnya selain yang baru kemarin kita laksanakan di Ancol,” ucapnya.

Sebagai informasi, street race digelar untuk pertama kalinya di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022). Meski baru sekali dilaksanakan, gelaran tersebut diklaim mampu mengurangi balap liar yang terselenggara secara ilegal di jalan raya.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran sebelumnya mengungkapkan, bahwa gelaran street race tersebut bukan hanya sekedar seremonial.

Dia merencanakan street race juga digelar di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, pada bulan depan.

Selain di Serpong, Fadil berharap street race juga bisa digelar di Bekasi, dan Cikarang Jawa Barat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/21/074200715/-wacana-polda-metro-jaya-gelar-street-race-di-bekasi-bergulir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke