Mitos Atau Fakta, Minuman Soda Mampu Hilangkan Jamur Kaca Mobil

Kompas.com - 20/01/2022, 20:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kaca mobil merupakan salah satu komponen mobil yang penting namun kerap alami masalah. Salah satunya adalah jamur.

Seiring dengan hal tersebut, muncul ragam solusi yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan tersebut. Seperti minuman bersoda yang digadang-gadang dapat mengatasi kaca mobil yang berjamur.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan belum tentu minuman bersoda dapat menghilang jamur pada mobil. 

Baca juga: Berkendara Saat Hujan Berbeda dengan Cuaca Cerah

“Cairan atau bahan kimia yang dapat menghilangkan jamur itu tergantung jamurnya. Jika jamur belum lama menempel sebenarnya bisa hilang. Jadi kalau memang soda mampu menghilangkan jamur atau tidak, itu tergantung tingkat keparahannya,” kata Bambang kepada Kompas.com.

Menurut Bambang, satu material yang menempel di permukaan kaca dapat dibersihkan oleh berbagai cairan. Namun tidak ada yang bisa menggaransi atau menjamin menggunakan minuman bersoda merupakan cara efektif.

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

Bahkan belum ada anjuran yang khusus sehingga belum diketahui cara ini mana atau tidak untuk kaca mobil.

Bila tidak yakin dan hanya coba-coba, disarankan untuk memakai cairan khusus pembersih jamur kaca mobil. Dengan begitu pembersihan jamur lebih efektif dan terjamin.

“Ada cairan khusus jamur kaca. Jangan sembarangan pula dalam memilih cairan ini. Jika salah pilih, ada yang kaca mobilnya sampai buram hingga rusak,” ujar Bambang.

Baca juga: Polisi Imbau Masyarakat Tidak Pasang Lampu Rotator di Mobil dan Motor

Memilih cairan pembersih jamur di kaca mobil dapat membasmi jamur yang sudah menempel lama. Cairan itu bersifat korosif sehingga dapat mengikis jamur yang sulit dihilangkan.

Namun apabila salah memilih pembasmi jamur akan membuat kaca mobil tidak bening, kotor dan butek. Kaca yang butek akan mengganggu visibilitas pengemudi mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.