Kompas.com - 18/01/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan salah satu komponen vital sebagai penunjang atas kinerja berbagai perangkat kelistrikan pada mobil. Jika kondisinya menurun, tidak heran menghidupkan kendaraan akan menjadi sulit.

Namun sampai saat ini, masih terdapat pengendara atau pemilik mobil di Indonesia yang menggunakan aki berkualitas kurang baik. Sehingga pada suatu kondisi kerap ditemukan kelistrikan mobil tidak optimal.

Apabila sudah begitu, aki juga bisa soak atau tidak mendapat daya cukup untuk berkerja. Cara tercepat, harus dijumper untuk kemudian dibawa ke bengkel terdekat dan terpercaya.

Baca juga: Masih Banyak Pengemudi Enggak Mau Mengalah di Jalan

Teknik jumper aki mobil.Ghulam/Otomania Teknik jumper aki mobil.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) DIdi Ahadi menyatakan, kegiatan terkait tidak boleh dilakukan sembarang. Ada langkah-langkah aman untuk melaksanakannya.

Pertama, siapkan kabel jumper yang baik berserta klemnya. Siapkan pula aki donor yang masih dalam keadaan bagus, baik pada kapasitas dan nilai ampere-nya.

"Minimal sama atau lebih besar dari aki yang akan di-jumper," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pastikan juga bahwa kabel yang digunakan haruslah kabel khusus untuk jumper. Sebab, arus listrik yang akan mengalir memiliki daya yang tinggi. Penggunaan kabel khusus bertujuan demi keamanan untuk menghindari potensi korsleting.

Cara mengurutkan pemasangan kabel jumper yang benar.PT Mazda Motor Indonesia Cara mengurutkan pemasangan kabel jumper yang benar.

"Lalu kondisi kelistrikan mobil harus dimatikan terlebih dahulu. Pasang klem positif (+) yang berkabel merah pada kedua aki, lalu baru pasang yang negatif (-) warna hitam," kata dia.

"Pastikan pemasangan klem sudah kencang untuk menghindari timbulnya percikan api," lanjut Didi.

Setelah klem terpasang dengan kencang, mulailah mencoba menyalakan mesin mobil yang akinya soak. Setelah menyala, tunggu beberapa menit untuk mengisi daya pada aki yang soak.

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika 2022 Akan Dikarantina dengan Skema Bubble

Melakukan teknik jump starter menggunakan kabel jumper. Ikuti caranya karena cukup berbahaya.Donny Apriliananda Melakukan teknik jump starter menggunakan kabel jumper. Ikuti caranya karena cukup berbahaya.

Untuk melepas klem dan kabel jumper harus berhati-hati. Lepas klem negatif (-) pada aki mobil yang bermasalah dulu, baru kemudian pada aki yang normal. Lakukan dengan urutan yang sama untuk klem positif (+).

Pastikan pula saat proses melepas klem tidak menyenggol bagian mobil lainnya terutama yang berbahan logam. Perlu diingat, upaya jumper aki ini hanya dilakukan dalam kondisi darurat.

Jika jumper aki masih tidak berhasil, maka artinya mobil memang harus diservis oleh tenaga ahli di bengkel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.