Mengetahui Fungsi Penting Overdrive di Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 18/01/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada suatu kendaraan bermotor roda empat, terdapat fitur yang berada di tuas transmisi berbentuk tombol yang bisa ditekan untuk mengaktifkannya dengan tulisan O/D alias overdrive.

Dalam keadaan diam atau kecepatan sedang, terasa tidak ada perubahan signifikan yang terjadi, bahkan ketika dirasakan secara seksama. Lantas, apa sebenarnya kegunaan fitur tersebut?

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menyatakan bahwa tombol itu ialah overdrive yang secara umum fungsinya memberikan efisiensi bahan bakar pada kecepatan tinggi.

Baca juga: Makin Canggih, Yuk Berkenalan dengan Ragam Teknologi Keamanan MPV Zaman Sekarang

Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander

Overdrive memiliki rasio gigi kurang dari 1,0:1 yang berarti roda mobil dapat beruputar lebih banyak dengan setiap putaran mesin. Membuat RPM mesin tetap rendah sementara kecepatan tetap tinggi.

Kebalikan dari gigi overdrive adalah granny gear, yang memberikan banyak torsi ke roda tetapi hanya pada kecepatan yang sangat rendah.

Dalam sejarahnya, baik kendaraan dengan transmisi matik maupun manual menggunakan gigi overdrive mulai tahun 1934. Fitur ini awalnya merupakan sistem terpisah yang digunakan dalam transmisi tiga kecepatan.

Pengemudi dapat melakukan overdrive secara manual ketika berada di gigi 2 atau 3 (dengan kecepatan jelajah).

Di beberapa mobil, melepaskan pedal gas secara otomatis akan membuatnya beralih ke gigi overdrive, menekan pedal gas lagi akan melepaskannya.

Baca juga: Pasar LSUV Nasional Perlahan Pulih pada 2021, Toyota Rush Mendominasi

ilustrasi berkendara bersama keluarga.Dok. Tam ilustrasi berkendara bersama keluarga.

Kondisi tersebut bertahan hingga sekitar tahun 1980-an, sebelum teknologi dan pengetahuan semakin meningkat. Kebutuhan akan perjalanan efisien, aman, dan nyaman di jalan raya juga semakin meningkat.

Saat ini, gigi overdrive hanyalah bagian dari transmisi dan bekerja secara alami selama pemindahan gigi secara teratur. Transmisi modern biasanya memiliki dua atau lebih gigi overdrive di bagian atas gigi biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.