Penonton MotoGP Mandalika 2022 Akan Dikarantina dengan Skema Bubble

Kompas.com - 18/01/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap motor MotoGP 2022 digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret mendatang.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Suharyanto mengatakan, bagi masyarakat yang akan menonton pergelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, bakal dikarantina dengan penerapan sistem gelembung (skema bubble).

“MotoGP akan dilaksanakan di Lombok. Nantinya kalau itu dilaksanakan, ada sistem bubble,” ucap Suharyanto disitat dari Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Sebelum Ganti Pelek Mobil, Pahami Dulu Hal Ini

Suharyanto menjelaskan, nantinya para penonton yang tiba di Bandara Lombok akan langsung ke hotel. Mereka hanya diperkenankan beraktivitas menuju Sirkuit Mandalika.

“Jadi orang yang datang itu tak ke mana-mana, datang dari bandara, masuk hotel, nonton MotoGP, balik lagi ke hotel, kemudian ke bandara,” ucap Suharyanto.

Denhgna demikian, diharapkan tidak ada interaksi dengan masyarakat yang lain.

Keluh kesah penonton World Superbike (WorldSBK) yang datang langsung ke Sirkuit MandalikaKompas.com/Donny Keluh kesah penonton World Superbike (WorldSBK) yang datang langsung ke Sirkuit Mandalika

“Dengan sistem bubble itu, orang-orang yang masuk sudah yakin bahwa mereka aman dari Covid-19,” katanya.

Menurut Suharyanto, penerapan sistem gelembung ini salah satunya untuk meningkatkan kepercayaan negara lain terhadap Indonesia bahwa Indonesia dalam kondisi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat bisa menyelenggarakan acara besar.

Baca juga: Penjualan Mobil Murah Sepanjang 2021, Sigra Terlaris

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan, skema travel bubble sudah sukses diterapkan sebelumnya, seperti saat penyelenggaraan Sherpa G20.

“Yang sekarang sedang dikembangkan adalah travel bubble. Skema ini diterapkan secara menyeluruh, yang ada pada periode karantina. Berlaku untuk kru, pebalap, dan ofisial MotoGP. Kami meyakini ini adalah skema yang tepat,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.