Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2022, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPengemudi di jalanan Indonesia punya perilaku yang beragam. Mungkin sering ditemui pengemudi yang kalem dan suka berbagi, namun tidak sedikit juga orang yang egois dan tidak mau mengalah di jalan raya.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia ke Instagram. Terlihat ada dua kendaraan di dalam satu lajur menuju tol Cipularang dari arah Jakarta.

Kedua mobil tersebut tidak ada yang mau mengalah dan terus berdempetan. Bahkan ketika sudah masuk ke jalan tol, kedua kendaraan tadi nampak masih berselisih sambil menekan klakson panjang.

Baca juga: Skutik Retro Yamaha Fazzio Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Mengenai hal tersebut, Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, memang masih banyak pengemudi seperti tadi yang tidak mau mengalah.

“Banyak faktor yang menyebabkan perilaku tersebut. Pertama dan utama adalah uneducated, kemudian dalam pengaruh perasaan yang negatif, pengaruh obat, lelah, atau memang juga perilakunya yang agresif, egois, dan tidak menghargai hak orang lain,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Kecelakaan Truk di Jalan Tol Layang MBZ, Kenapa Truk Bisa Masuk?

Bagi pengemudi yang bertemu orang yang tidak mau mengalah, lebih baik adalah tidak terpancing emosi. Lebih baik beri jalan atau ruang untuk orang tersebut, jadi tidak ikut ngotot walaupun haknya diambil.

“Di jalan itu mengalah bukan berarti kalah, namun bertindak bijaksana agar kita dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi,” kata Marcell.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com