Cara Bayar Pajak Kendaraan di Jawa Tengah Secara Online

Kompas.com - 15/01/2022, 18:02 WIB
Ilustrasi Sakpole E-Samsat Dok. Humas Pemerintah Provinsi Jawa TengahIlustrasi Sakpole E-Samsat

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak kendaraan setiap tahunnya. Untuk besarannya dikenakan sesuai dengan jenis kendaraan dan kapasitas mesin kendaraan.

Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sendiri dipengaruhi berbagai faktor. Antara lain yakni Nilai Jual Objek Pajak (NJKB), tarif pajak, serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Baca juga: Beda Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Diesel 2.800 cc dengan 2.400 cc

Untuk masyarakat Jawa Tengah, ada aplikasi khusus untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. Namun perlu diingat, cara ini hanya berlaku untuk pembayaran pajak satu tahunan.

Aplikasi tersebut bernama New Sakpole, yang bisa diunduh melalui Google Play Store di masing-masing ponsel dengan sistem operasi Android.

seorang wajib pajak menunggu berkas di depan loket fiskal di kantor Samsat Kota Solo, Berikut cara cek pajak kendaraan atau cek pajak kendaraan online, baik cek pajak mobil maupun cek pajak motor. ari purnomo seorang wajib pajak menunggu berkas di depan loket fiskal di kantor Samsat Kota Solo, Berikut cara cek pajak kendaraan atau cek pajak kendaraan online, baik cek pajak mobil maupun cek pajak motor.

Lebih detail, berikut langkah-langkah pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan lewat aplikasi New Sakpole.

Baca juga: Ini 10 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2021

  1. Unduh aplikasi New Sakpole, siapkan e-KTP dan STNK.
  2. Masuk ke dalam aplikasi, lalu ke ikon pendaftaran online. Masukkan nomor polisi kendaraan yang akan dipajakkan, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, lalu klik tombol DAFTAR.
  3. Lakukan verifikasi data identitas kendaraan bermotor. Cermati data kendaraan dengan teliti. Apabila sudah benar, klik LANJUT. Namun jika data tidak sesuai, klik BATAL dan laporkan kesalahan data tersebut ke kantor Samsat terdekat.
  4. Selanjutnya akan muncul rincian Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Jika sudah setuju dengan nominal pajak yang harus dibayar, klik LANJUT.
  5. Pilih metode pembayaran dan bank yang akan digunakan. Pembayaran bisa dilakukan melalui internet banking, mobile banking, maupun SMS banking.
  6. Apabila proses sudah selesai, klik KELUAR dari menu.

Untuk mendapatkan Surat Keterangan Pajak Daerah (SKPD), bisa mendatangi kantor Samsat di lingkup wilayah jawa Tengah. Wajib pajak cukup menunjukkan bukti pembayaran yang tertera dalam aplikasi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.