Video Perempuan Tak Mau Turun dari Jok Motor Saat Pakai Starter Engkol

Kompas.com - 15/01/2022, 16:22 WIB
Viral video yang memperlihatkan seorang perempuan yang tetap duduk di atas jok sepeda motor, waktu motor mau distandar tengah agar bisa pakai stater engkol.
Foto: Tangkapan layar Viral video yang memperlihatkan seorang perempuan yang tetap duduk di atas jok sepeda motor, waktu motor mau distandar tengah agar bisa pakai stater engkol.
|

JAKARTA, KOMPAs.com - Viral video memperlihatkan seorang perempuan yang tetap duduk di atas jok sepeda motor, waktu motor mau distandar tengah agar bisa pakai stater engkol.

Dalam video yang diunggah Jakarta Keras itu ada laki-laki dan perempuan yang diduga pasangan. Sang pria ingin menyalakan motor pakai starter kaki, tapi pasangannya masih di atas motor.

Baca juga: Rumors dan Rendering Kawasaki ZX-4R

Video tersebut banyak mengundang reaksi netizen, tak sedikit yang kemudian menyudutkan perempuan tersebut karena dianggap kurang sopan dan tidak membantu apa-apa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA KERAS (@jakarta.keras)

Terlepas dari perilaku perempuan tersebut, pahami lagi pentingnya kesehatan aki motor. Sebab aslinya Honda Vario di video tersebut punya dua sistem starter, yaitu elektrik dan engkol.

Logikanya motor terpaksa pakai starter engkol atau kaki karena starter elektrik sudah tidak kuat. Dalam hal ini starter elektrik tidak bisa dipakai karena kondisi aki soak.

Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motor (DAM) Wahyudi, mengatakan, banyak penyebab aki soak. Salah satunya kebiasaan pemilik yang kurang tepat saat menggunakan motor.

Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baikkompas.com Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik

“Masalah aki itu terletak pada siklus hidup aki di mana proses pengisian (charge) dan keluar daya (discharge) berjalan terus. Biasanya masalah timbul saat salah satu proses ini belum sempurna,” ujar Wahyudi beberapa waktu lalu.

Wahyudi menjelaskan, saat motor dinyalakan, aki bertugas menggerakan starter motor untuk menghidupkan mesin. Kala proses berlangsung, aki kehilangan daya cukup besar.

Ketika motor digunakan, saat itulah proses pengisian daya berlangsung. Namun sering kali saat aki belum terisi penuh, motor sudah selesai digunakan.

Baca juga: Honda Luncurkan PCX 160 Endless Sport Edition

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

Bila mesin tidak cukup waktunya mengisi aki, di mana arus masuk lebih kecil daripada arus keluar saat starter, maka aki bisa rusak atau tekor.

“Logikanya mirip dengan baterai telepon seluler. Jika kita kebiasaan isi sampai 80 persen, maka saat kita isi sampai 100 persen daya yang terisi hanya sampai pada kemampuan 70 persen tersebut. Itu prinsip baterai termasuk aki,” katanya.

Karena itu katanya, agar kondisi aki tetap terjaga pemilik mesti rajin melakukan perawatan berkala. Semakin sering perawatan motor dilakukan maka pengecekan kondisi aki juga akan dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.