Ini Daerah dengan Populasi Mobil Terbanyak, Ternyata Bukan Jakarta

Kompas.com - 15/01/2022, 17:01 WIB
Ilustrasi kemacetan. Surabaya jadi kota termacet di Indonesia versi Global Traffic Scorecard 2021. PIXABAY/PixabayIlustrasi kemacetan. Surabaya jadi kota termacet di Indonesia versi Global Traffic Scorecard 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberitaan mengenai kepadatan lalu lintas di DKI Jakarta kerap muncul di berbagai kanal media. Hampir setiap hari informasi kemacetan dapat ditemukan di Ibu Kota.

Hal ini lantas memunculkan asumsi di tengah masyarakat bahwa Jakarta menjadi provinsi dengan populasi mobil terbanyak di Indonesia. Namun ternyata, hal tersebut tidaklah benar.

Melansir korlantas.polri.go.id, Sabtu (15/1/2022), dalam data jumlah kendaraan yang tercatat di tiap Kepolisian Daerah (Polda) yang diperbarui pada 14 Januari 2022 pukul 23.33 WIB, Polda Metro Jaya sebagai kepolisian daerah di DKI Jakarta membukukan jumlah total kendaraan sebanyak 21.795.588 unit dengan jumlah mobil penumpang 3.573.319 unit.

Baca juga: Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Dengan catatan angka tersebut, Polda Metro Jaya hanya menempati peringkat kedua dalam jumlah kendaraan yang tercatat.

Ilustrasi mobil terparkir.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi mobil terparkir.

Sementara itu, peringkat pertama dipegang oleh Polda Jawa Timur dengan catatan jumlah total kendaraan mencapai 23.037.548 unit. Dari angka tersebut, sebanyak 9.228.051 unit merupakan mobil penumpang.

Sedangkan peringkat ketiga dan keempat jumlah kendaraan bermotor yang tercatat di masing-masing Polda dipegang oleh Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Baca juga: Beda Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Diesel 2.800 cc dengan 2.400 cc

Dari akumulasi semua jenis kendaraan bermotor, Jawa Tengah mencatatkan angka 19.167.944 unit, sementara Jawa Barat sebanyak 17.621.027 unit.

Namun, apabila hanya melihat jumlah populasi mobil penumpang, maka Jawa Barat lebih unggul dengan catatan angka 1.845.518 unit, dibandingkan dengan Jawa Tengah yang hanya membukukan jumlah mobil penumpang sebanyak 1.465.343 unit.

Selain keempat provinsi tersebut, tidak ada provinsi lainnya yang memiliki populasi mobil penumpang hingga menembus jumlah 1 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.