BPTJ Setop Sementara Layanan Bus BTS Transpakuan Bogor

Kompas.com - 06/01/2022, 17:42 WIB

BOGOR, KOMPAS.com – Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki layanan bus dengan model Buy The Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bus tersebut pun sudah beroperasi sejak November 2021 dan pada awal Desember, bus bertajuk Bis Kita Transpakuan resmi mengoperasikan empat koridor dengan total 49 armada.

Namun, di awal 2022, layanan ini harus dihentikan sementara. Mengutip dari Instagram Wali Kota Bogor Bima Arya, penghentian pengoperasian bus tersebut dikeluarkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Baca juga: Honda Kerek Harga HR-V 1.5, Brio RS, dan City Hatchback RS

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bima Arya (@bimaaryasugiarto)

 

“Penghentian operasional ini karena adanya perubahan sistem lelang umum menjadi e-katalog yang berdampak pada alokasi anggaran untuk operasional Bis Kita,” ucap Bima Arya dikutip dari Instagram, Kamis (6/1/2022).

Bima menambahkan, penghentian program ini juga berlaku seluruh Indonesia. Bahkan Trans Semanggi Suroboyo Bus yang seharusnya mulai beroperasi awal 2022 juga turut ditunda.

“Menurut BPTJ, penghentian ini maksimal selama satu bulan,” ucapnya.

Baca juga: Kecelakaan Maut Motor Pengawal Ambulans Tertabrak Truk di Subang

Program Bis Kita diklaim berhasil meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi berupa bus perkotaan. Load factor dari sekitar dua bulan beroperasi tercatat 11.600 penumpang naik setiap harinya.

“Itu jumlah yang sangat baik, di atas rata-rata pada umumnya. Artinya, Bis Kita diterima sebagai opsi transportasi masyarakat Kota Bogor,” kata Bima.

Di akhir unggahan, Bima menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bogor akan terus berkoordinasi dengan BPTJ. Harapannya layanan Bis Kita secapatnya akan kembali mengaspal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.