Kompas.com - 06/01/2022, 17:02 WIB
TVS Ntorq 125 Foto: KOMPAS.com/GilangTVS Ntorq 125
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik entry level berkubikasi 110-125cc merupakan pasar paling besar di Indonesia. Tak salah jika banyak pabrikan sepeda motor berlomba di segmen ini.

Selain pabrikan asal Jepang, merek asal Taiwan dan India juga turut bermain di skutik kelas pemula. Untuk jenama terakhir ada merek TVS dengan model andalannya yaitu TVS Ntorq 125.

Baca juga: Tanpa Kepastian Diskon Pajak, Bagaimana Nasib LCGC di Awal 2022?

TVS Ntorq 125KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125

Di awal tahun 2022, Kompas.com berkencan dengan Ntorq 125. Merasakan bagaimana skutik yang meluncur pada 2019 dan mengalami pembaruan pada 2020 itu ketika dipakai jalan.

Untuk pertama Kompas.com akan membahas desain. Soal desain Ntorq 125 punya tampilan yang dinamis, temanya ialah sporty racing tapi desainnya masih cukup elegan.

Dimensi Ntorq 125 memiliki panjang 1.865 mm, lebar 710 mm dan tinggi 1.160 mm. Secara keseluruhan bentuknya cukup besar untuk skutik 125cc.

TVS Ntorq 125KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125

Hal itu berpengaruh pada desain. Batok setangnya memanjang dan bagian tengahnya dihiasi warna hitam. Di batok setang itu pula tersemat lampu sein.

Aplikasi lampu sein di batok setang cukup unik. Bisa jadi nilai plus buat yang suka dengan desain yang tak biasa. Sebab saat ini hampir tidak ada skutik yang pakai sein di batok setang.

Baca juga: Benelli Siapkan Motor Baru di IIMS 2022

Karena sein di batok setang maka bagian tameng depannya jadi lebih simpel. Bagian tameng ini juga two tone dengan bagian tengahnya pakai warna hitam.

TVS Ntorq 125KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125

Lampu depannya diletakkan sedikit di bawah sehingga membuatnya tampak elegan. Kemudian sepatbor depan juga dua warna mengikuti skema bagian atas.

Beralih ke samping bentuk bodinya terlihat gemuk tapi di ujung belakang meruncing. Bentuk jok model ganda pakai jahitan warna merah dan bagian bawahnya pakai motif karbon.

Baca juga: Mengenal Automatic Behavior Syndrome, Penyakit Pengendara Mobil

TVS Ntorq 125Foto: KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125


Dilihat dari belakang tampilannya makin menarik. Lampu setop berada di tengah diapit oleh dua kisi-kisi besar yang menjadikan bagian belakangnya terlihat basar tapi juga sporty.

Ketika menyala lampu belakangnya terlihat seperti huruf T. Adapun sein berada di bawah kisi-kisi angin. Seinnya model ala motor sport tapi tidak lebar sehingga tidak rawan tersenggol.

Kaki-kaki memakai pelek 12 inci model palang 10 mirip bunga, ban depan tubeless 100/80 sedangkan belakang 110/80. Paduan ini membuat kaki-kakinya terlihat pas dengan bodi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.