Kilas Balik Otomotif 2021, 5 Mobil yang Disuntik Mati

Kompas.com - 01/01/2022, 08:02 WIB
Isuzu Panther saat ini dijual mulai harga Rp 40 jutaan. Komunitas Panther ManiaIsuzu Panther saat ini dijual mulai harga Rp 40 jutaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakkan industri otomotif di dalam negeri sangat menarik untuk diikuti, terkhusus sepanjang 2021, seiring dengan memulihnya pasar nasional usai terdampak pandemi Covid-19 setahun belakangan.

Tidak hanya hadirnya berbagai produk baru, ternyata pada periode terkait ada beberapa model yang harus pamit atau tidak dijual dan diproduksi lagi karena alasan tertentu.

Mulai karena masalah penyerapan pasar, kurang relevan, digantikan model baru, sampai prihal emisi gas buang kendaraan yang dihasilkan sehingga tidak memenuhi syarat dari pemerintah RI.

Dari beberapa mobil itu, ada dua produk legendaris yang harus pamit dari Indonesia yakni Isuzu Panther dan Honda Civic Hatchback. Kemudian, ada pula kabar mengejutkan dari Suzuki Karimun Wagon R jelang akhir tahun.

Baca juga: Alasan Mengapa BBM Premium dan Pertalite Perlu Dihapus

Berikut 5 mobil yang disuntik mati di pasar Indonesia selama 2021:

1. Mitsubishi Outlander Sport

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, memperkenalkan pembaruan pada Outlander Sport yang diberi nama Outlander Sport Action. Varian ini  diberikan beberapa aksesori untuk menyegarkan tampilannya.Otomania/Setyo Adi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, memperkenalkan pembaruan pada Outlander Sport yang diberi nama Outlander Sport Action. Varian ini diberikan beberapa aksesori untuk menyegarkan tampilannya.

Kabar kurang sedap pertama datang dari pabrikan asal Jepang, Mitsubishi melalui, salah satu produk sport utility vehicle (SUV) terlarisnya, Outlander Sport.

Setelah sempat galau karena angka penjualan yang terus tak sesuai target pada Februari 2021 pabrikan akhirnya memutuskan langkah besar dengan menghentikan penjualan.

“Sudah habis unitnya, dan kami memang sudah tidak produksi lagi,” kata Intan Vidiasari, Deputy Group Head Planning & Communication Misubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kepada Kompas.com.

Ia menyebut,untuk sementara belum ada calon pengganti untuk Outlander Sport. Namun, tidak bisa diprediksi bagaimana ke depan apakah bakal dimasukkan versi terbaru atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.