Kompas.com - 31/12/2021, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMobil dengan transmisi manual masih diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia. Harganya yang lebih murah daripada mobil dengan transmisi otomatis membuatnya masih punya peminat.

Bagi pengemudi mobil manual, ada satu hal yang jangan pernah dilakukan ketika mengemudi, yakni mengganti gigi saat tanjakan dan turunan. Mungkin bagi pemula, hal ini tidak diketahui dan mengira aman-aman saja.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, mengemudi di jalan menanjak dan dalam kecepatan rendah kemudian memindahkan gigi transmisi, bisa membahayakan dirinya dan orang lain.

Baca juga: Bedanya Pengemudi Teredukasi dan Tidak di Jalan Raya

“Kalau sudah di tengah tanjakan kita mengganti gigi, bila kurang cepat atau salah posisi gigi, mobil bisa mundur,” ucap Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian kalau mengganti gigi di turunan, bahayanya adalah mobil jadi turun terlalu cepat, sehingga sulit dikendalikan. Ketika kopling diinjak, maka tidak ada engine brake yang menahan mobil turun.

Dua mobil nyaris adu banteng lantaran pengemudi Toyota Avanza nekad mendahului sebuah truk di jalan menanjak.instagram,com/dashcamindonesia Dua mobil nyaris adu banteng lantaran pengemudi Toyota Avanza nekad mendahului sebuah truk di jalan menanjak.

“Cara yang salah yaitu mendahului di turunan, karena bisa saja kendaraan jadi tidak terkontrol dengan baik dan berakibat celaka,” kata Marcell.

Perilaku yang berbahaya satu lagi yaitu mengemudi terlalu cepat di tanjakan. Marcell mengatakan, ketika mengemudi terlalu cepat, tidak memperhitungkan, kemungkinan ada titik buta di ujung tanjakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.