Pengalihan Arus Lalu Lintas Mobil Barang Selama Libur Tahun Baru 2022

Kompas.com - 31/12/2021, 17:41 WIB
Dinas Perhubungan Jakarta Utara bersama Satlantas Jakarta Utara melakukan pengalihan arus lalu lintas jalan di kawasan Mal Artha Gading, tepatnya di jalan Boulevard, Kelapa Gading Selatan Jakarta Utara pada Kamis (25/11/2021). KOMPAS.COM/ IRA GITADinas Perhubungan Jakarta Utara bersama Satlantas Jakarta Utara melakukan pengalihan arus lalu lintas jalan di kawasan Mal Artha Gading, tepatnya di jalan Boulevard, Kelapa Gading Selatan Jakarta Utara pada Kamis (25/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang tahun baru 2022, Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan melakukan pengaturan pengalihan arus lalu lintas mobil barang.

Pengalihan tersebut berlaku di jalan tol Jakarta-Cikampek-Palimanan dan Cikampek-Padalarang-Cileunyi. Mobil barang yang melalui jalan tol tersebut dialihkan ke Jalan Nasional (Jalan Arteri) dan dilaksanakan sebagai berikut.

1. Arus mudik keluar Jabodetabek mulai tanggal 31 Desember 2021pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 1 Januari 2022 pukul 12.00 WIB

2. Arus balik masuk Jabodetabek mulai tanggal 2 Januari 2022 pukul 12.00 WIB sampai dengan tanggal 3 Januari 2022 pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Bus Tingkat PO Agung Sejati, Dicat Ulang Karoseri Laksana

Kendaraan ODOL melinats di jalan Tol Cikampek-PalimananDjoko Setijowarno Kendaraan ODOL melinats di jalan Tol Cikampek-Palimanan

Tertulis pada surat edaran yang Kompas.com terima, pengalihan arus mobil barang tersebut demi menjamin kemanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu Durasi Aman Saat Berkendara Jarak Jauh

Mobil barang yang dialihkan arusnya tertulis pada SE nomor 109 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Pengalihan arus lalu lintas kendaraan barang berlaku untuk:

1) mobil barang dengan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih
dari 14.000 (empat belas ribu) kilogram;

2) mobil barang dengan 3 (tiga) sumbu atau lebih;

3) kereta tempelan;

4) kereta gandengan; dan

5) mobil barang yang digunakan untuk mengangkut:
a) bahan galian meliputi:
i. tanah;
ii. pasir; dan/atau
iii. batu;
b) bahan tambang; atau
c) bahan bangunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.