Tol Kalikangkung Jadi Fokus Utama Arus Balik dari Jawa Tengah

Kompas.com - 31/12/2021, 12:31 WIB
Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jateng KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAGerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jateng

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi lonjakan mobilitas jelang malam pergantian tahun dan arus balik libur Natal, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali melakukan koordinasi.

Adapun langkah tersebut dilakukan atas penugasan presiden yang meminta kolaborasi antar sektor dengan tujuan menangani mobilitas di masa Nataru agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 sehingga ekonomi bisa berjalan.

"Pesannya adalah kita harus melayani mobilitas dengan baik, tidak ada putar balik, tetapi prokes harus dijaga dengan ketat," ucap Budi dalam keterangan resminya, Kamis (30/12/2021).

Budi menjelaskan, untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng), daerah Kalikangkung menjadi perhatian utama yang harus diantisipasi terkait lonjakan mobilitas. Diprediksi mulai tanggal 1-2 Januari 2022, arus balik akan tetap berlangsung.

Baca juga: Berlaku Hari Ini, Catat 11 Lokasi Crowd Free Night di Malam Tahun Baru

Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, JatengKOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jateng

Untuk itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta Kepolda Jateng untuk melakukan kalkulasi dengan rincian perkiraan jumlah pergerakan kendaraan. Kondisi tersebut dilakukan agar bisa mengantisipasi dengan baik.

Tak hanya itu, Budi juga meminta pelaksanaan ramp check terhadap transportasi darat, khususnya bus-bus pariwisata untuk menjaga keselamatan. Termasuk antisipasi pada wilayah yang rawan bencana di Jawa Tengah layaknya Banjarnegara dan Banyumas.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi mengatakan, persiapan telah dilakukan termasuk soal manajemen rekayasa lalu lintas bila terjadi kemacetan pada malam tahun baru maupun arus balik.

"Seluruh jalan tol di Jateng sudah terpantau CCTV, yang kendalinya ada di Kalikangkung. Manakala terjadi kepadatan, kita lakukan buka gate, one way, contraflow, dan rekayasa lalu lintas," ucap Lutfi.

Baca juga: Pengendalian Lalu Lintas Tahun Baru, Korlantas Fokus 3 Lokasi di Jabar

Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYOKRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO

Sementara itu, Sekda Jateng Sumarno mengatakan, untuk wilayahnya diprediksi bakal terjadi peningkatan mobilitas saat arus balik dibanding arus mudik Nataru. Pihaknya juga sudah mengantisipasi kepadatan di daerah wisata dan melakukan pengetata prokes.

Berdasarkan data Badang Pengelola Jalan Tol (BUJT), pergerakan kendaraan mengarah ke Jateng meningkat 25 persen, sementara untuk pergerakan arus balik sejauh ini bari 10 persen. Dengan demikian, dapat diartikan masih ada masyarakat yang belum melakukan perjalanan balik ke daerah asal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.