Kompas.com - 28/12/2021, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa ruas jalan di Indonesia memang masih ada yang minim pencahayaan terutama saat malam hari. Ketika mengemudi di lokasi seperti tadi, tentu pengendara harus lebih konsentrasi.

Namun namanya jalan raya, tentu diisi dengan berbagai karakter penggunanya. Misalnya seperti yang ada pada video unggahan akun dashcam owners Indonesia di Instagram, sebuah motor main selonong belok ke kiri dari arah kanan mobil perekam.

Dilihat dari videonya, kondisinya malam hari dengan penerangan jalan yang minim. Beruntung pengemudi bisa mengantisipasinya dengan baik sehingga tidak terjadi kecelakaan.

Baca juga: Mitsubishi Bicara Kehadiran Xpander Hybrid di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, jika mengemudi pada kondisi jalan yang gelap, pengemudi harus menahan diri untuk tidak memacu kecepatan kendaraannya.

“Usahakan jangan terlalu cepat. Sehingga kita bisa lebih siap untuk mengantisipasi bila ada kondisi yang membahayakan,” ucap Marcell lepada Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Mitsubishi Menanggapi Kabar Colt L300 Berhenti Produksi di Indonesia

Kemudian jika bertemu pengendara motor yang kelakuannya membahayakan seperti asal selonong, jangan sampai terbawa emosi. Lebih baik biarkan saja pengendara motor tadi dan tetap melanjutkan perjalanan.

“Kalau seperti itu legowo saja, yang waras ngalah,” kata Marcell.

Perlu diingat, ketika mengemudi di jalan raya, banyak tingkah pengendara lain yang bisa membahayakan. Lebih baik menghindari konflik dan berusaha untuk tetap berkendara aman agar selamat sampai tempat tujuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.