Selama Libur Akhir Tahun Pengunjung Rest Area Jalan Tol di Jatim Dibatasi

Kompas.com - 28/12/2021, 17:12 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur Kombes Pol Latif Usman memberlakukan pembatasan pengunjung di rest area jalan tol Jawa Timur selama libur natal dan tahun baru.

Latif mengatakan, bagi pengendara yang akan masuk ke rest area diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pembatasan pengunjung juga dilakukan untuk mengurangi kerumunan.

Baca juga: Fortuner Legender Meluncur Awal Tahun 2022, Ini Bocoran Variannya

"Jadi jelas pengunjung yang berada di rest area ada 75 persen dan di sana menggunakan aplikasi PeduliLindungi," kata Latif dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

Pihak Kepolisian juga menggandeng Dinas Kesehatan untuk melakukan pengecekan secara acak di rest area. Tidak menutup kemungkinan, juga dilakukan tes antigen.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau pengamanan libur Natal dan tahun baru 2021 di rest area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Rabu (23/12/2020).Polri Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau pengamanan libur Natal dan tahun baru 2021 di rest area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Rabu (23/12/2020).

"Jalan tol akan kita kendalikan, dan di situ (rest area), kita akan melakukan pengecekan random sampling dari masyarakat," ucap Latif.

Selama masa libur nataru, Latif mengatakan bahwa belum ada peningkatan volume kendaraan yang masuk wilayah Jawa Timur. Diperkirkan dari Jakarta sudah tersortir di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca juga: Diskon SUV Murah Akhir Tahun, BR-V Tembus Rp 30 Juta

"Jadi di Jatim tinggal menerima sisa-sisanya saja. Ini masih landai," ucap dia.

Kendati demikian, pihaknya tetap akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk menjaga sejumlah tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat di Jawa Timur terutama saat malam tahun baru nanti.

"Tempat-tempat publik yang akan menjadi tempat perkumpulan masyarakat kiranya kita kelola. Yaitu pengalihan arus maupun sampai penutupan," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.