Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Menanggapi Kabar Colt L300 Berhenti Produksi di Indonesia

Kompas.com - 28/12/2021, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam pertemuan antara Menteri Perindustrian dengan pihak prinsipal Jepang, yang salah satunya adalah Mitsubishi pada pertengahan 2021, disebutkan beberapa rencana di Indonesia.

Antara lain soal peluncuran Xpander Hybrid dan dua model baru. Kemudian soal investasi Mitsubishi di Indonesia sebesar Rp 7,1 triliun, dan tambahan investasi baru Rp 11,2 triliun sampai 2024.

Termasuk juga soal berhenti diproduksinya Colt L300 karena fasilitas perakitan bakal dipindah ke Fiipina pada 2022.

Baca juga: Fortuner Legender Meluncur Awal Tahun 2022, Ini Bocoran Variannya

Deretan Mitsubishi Colt T120 dalam Pasar Otomotif Jongkok 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Deretan Mitsubishi Colt T120 dalam Pasar Otomotif Jongkok 2017.

Seperti diketahui, L300 merupakan legenda pikap di Indonesia yang sudah hadir sejak dekade 1980-an. Bahkan sampai sekarang, mobil yang tak banyak berubah ini masih jadi andalan di sektor komersial.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), tidak membantah kabar yang menyebutkan produksi pikap L300 di dalam negeri akan dipindahkan ke Filipina.

“Kami masih berdiskusi dengan pemerintah mengenai rencana produksi di Indonesia ke depannya,” ujar Nakamura, kepada Kompas.com (27/12/2021).

Baca juga: Ada Dispensasi SIM Buat yang Habis Masa Berlaku saat Tahun Baru

Mitsubishi COLT T120sswww.ktbfuso.co.id Mitsubishi COLT T120ss

“Indonesia sangat penting bagi Mitsubishi Motors, dan kami akan memanfaatkan fasilitas manufaktur kami di Indonesia sesuai dengan kapasitas produksi maksimumnya berdasarkan permintaan pasar,” kata dia.

Sebagai informasi, Colt L300 merupakan salah satu produk yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat mulai Mei 2018.

Selain L300, Mitsubishi juga memproduksi Xpander dan Pajero Sport di pabrik tersebut. Produksi L300 sendiri dilakukan di pabrik yang sama usai dipindahkan dari fasilitas Mitsubishi lainnya di Pulo Gadung.

Baca juga: Video Truk Berpapasan dengan Mobil di Tanjakan, Siapa yang Harus Mengalah?

Mitsubishi L300 sampai saat ini masih tersedia di dealer-dealer resmi Mitsubishi.www.mitsubishi-motors.co.id Mitsubishi L300 sampai saat ini masih tersedia di dealer-dealer resmi Mitsubishi.

Pada November lalu, dengan usia sekitar 40 tahun, penjualan L300 masih bisa berkontribusi 24,8 persen dari akumulasi perolehan MMKSI yang mencapai 8.784 unit.

Tercatat, L300 bisa terjual 2.180 unit, atau menjadi pemimpin segmen Small Pick Up 4x2 yang diklaim memiliki pangsa pasar lebih dari 60 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com