Kompas.com - 26/12/2021, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Varian warna di luar hitam dan putih ternyata masih kurang diminati konsumen mobil. Di pasaran, warna hitam dan putih tetap jadi favorit.

Warna 'langka' yang dimaksud adalah warna-warna yang tidak banyak digunakan umumnya, seperti kuning, hijau, biru dan oranye.

Ada alasan tersendiri di balik sepinya peminat mobil warna langka. Mobil dengan cat warna langka biasanya akan lebih susah dirawat dan cenderung mahal.

Baca juga: Deretan Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Sepanjang 2021

Customer Satisfaction & Marcomm Head Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani, mengatakan bahwa pelanggan cenderung memilih warna silver agar tidak kesulitan perawatan mobil. Warna hitam juga sangat diminati karena terkesan elegan.

"Permintaan warna khusus memang ada, hanya tidak terlalu banyak ya. Karena, memang ragam warna yang disediakan saat ini pun sudah lebih variatif," ujarnya pada Kompas.com, Minggu (26/12/2021).

Dengan sedikitnya jumlah peminat mobil warna langka ini, Tantri mengatakan bahwa hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap permintaan konsumen ataupun penjualan Toyota secara umum.

Kemudian ia menjelaskan, warna yang ditawarkan Toyota kepada pelanggan saat ini sudah cukup banyak.

Bocoran gambar Toyota Voxy dan NoahPAULTAN.org Bocoran gambar Toyota Voxy dan Noah

Misalnya, untuk Toyota Voxy ada varian warna hitam dengan nama Inazuma Sparkling Black. "Warna ini emang berbeda dengan warna hitam biasa, jadi pelanggan kami persilahkan memilih sesuai keinginannya," terang Tantri.

Untuk varian warna ini, pelanggan akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 3 juta.

Walaupun begitu, Tantri mengatakan bahwa Auto2000 tetap menyediakan pilihan bagi pelanggan untuk memilih warna sesuai selera.

"Ragam jenis warnanya memang disiapkan ketentuan Toyota Astra Motor. Namun, Auto2000 siap untuk menyediakan," paparnya.

Selain biaya tambahan, Tantri menambahkan, nantinya akan ada tambahan waktu delivery karena proses yang dibutuhkan untuk menyiapkan warna khusus akan memakan waktu lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.